Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesona Kulminasi, Mengintip Keajaiban Matahari di Titik Tertinggi

Sumber: Unsplash

Pada Bulan September 2022, akan diselenggarakan event Pesona Kulminasi di kota Pontianak. Agenda wisata Pontianak yang satu ini, tergolong unik dan hanya bisa dijumpai di kota tersebut karena berbarengan dengan peristiwa alam yang tentunya tidak bisa direkayasa oleh manusia.

Bagaimana serunya event wisata Pontianak dalam Pesona Kulminasi tersebut? apa saja fakta-fakta uniknya? Yuk cek di bawah ini.

1. Tugu Khatulistiwa Sebagai Tempat Acara

Tahukah kamu, kota Pontianak adalah salah satu kota yang tepat dilalui oleh garis khatulistiwa atau garis ekuator. Dilalui oleh garis khatulistiwa berarti Pontianak berada tepat garis lintang nol derajat. Karena dilalui oleh garis khatulistiwa inilah maka di kota pontianak didirikan tugu Khatulistiwa untuk mengingatkan orang-orang pada keistimewaan letak kita tersebut.

Tugu Khatulistiwa dibangun pada tahun 1928 dengan penghitungan cermat oleh para ahli astronomi. Pada saat itu, para ahli tersebut membuat pengukuran tanpa melibatkan alat-alat canggih seperti GPS maupun satelit. Tetapi mereka menggunakan pada garis bergelombang dan benda benda alam seperti keberadaan rasi bintang.

Tugu Khatulistiwa bisa kamu jumpai di jalan Khatulistiwa di kota Pontianak Utara, kalimantan Barat. Sejak awal berdirinya, tugu ini sudah mengalami beberapa kali perubahan diantaranya pada tahun 1930 dan 1938.

Pertama, pada tahun 1930 bagian yang  disempurnakan adalah pada tonggak, lingkaran beserta tanda panah. Kedua, pada tahun 1938 disempurnakan lagi oleh arsitek dari Indonesia Frederich Silaban. Pada penyempurnaan kali ini, bangunan tugu yang terdiri dari 4 buah tonggak kayu belian, masing-masing berdiameter 0,3 meter, dengan ketinggian tonggak bagian depan sebanyak 2 buah, setinggi 3,05 meter dari permukaan tanah dan tinggi tonggak bagian belakang tempat lingkaran dan anak panah penunjuk arah setinggi 4,4 meter. Tonggak tersebut terbuat dari kayu belian, sejenis kayu besi atau ulin.

2. Mengenal Kulminasi Matahari

Sumber: Unsplash

Peristiwa Kulminasi matahari merupakan fenomena astronomi, dimana posisi matahari tepat diatas langit tertinggi atau diatas zenit. Uniknya, di kota Pontianak ini, peristiwa kulminasi matahari bisa terjadi sebanyak 2 kali yaitu pada bulan Maret dan September.

Kulminasi Matahari di Kota Pontianak terjadi ketika posisi matahari tepat pada garis khatulistiwa di 0 derajat 2 menit 28,94 detik Lintang Selatan dengan waktu kulminasinya terjadi pada pukul 11.50 WIB.

Kulminasi akibat adanya  gerak rotasi bumi dan revolusi bumi yang berhimpit sehingga matahari yang kelihatan di Bumi seolah bergerak melewati garis khatulistiwa yang dikenal dengan gerak semu harian Matahari.

Ketika gerak matahari ini tepat berada di garis Khatulistiwa yakni pada tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September maka bumi yang dilalui oleh garis khatulistiwa akan mengalami kondisi Kulminasi.

Adapun efek dari fenomena Kulminasi Matahari tersebut ada 3 macam. Pertama, akan mengakibatkan hilangnya bayangan dari setiap benda dalam waktu beberapa menit karena bertumpuk oleh benda itu sendiri.

Kemudian kedua, peristiwa kulminasi matahari akan menandai terjadinya pergantian musim yaitu 21 maret musim kemarau dan 23 september musim penghujan. Dan ketiga durasi waktu siang dan malamnya akan terbagi secara pas 12 jam.

3. Penyelenggaraan Pesona Kulminasi

 
Sumber: unsplash

21 - 23 September 2022 Lokasi: Kota Pontianak, Kalimantan Barat

Pada tahun 2022, diselenggarakan event “Pesona Kulminasi” dalam rangka memperingati peristiwa kulminasi tersebut. Dengan diselenggarakan Pesona Kulminasi 2022, diharapkan event ini dapat berkontribusi dalam memberikan dampak peningkatan perekonomian lokal melalui jumlah kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara dan memperkenalkan destinasi wisata Kota Pontianak khususnya dan Kalimantan Barat pada umumnya kepada masyarakat internasional.

4. Apa saja Agenda Wisata di Pesona Kulminasi ?

Event  pesona kulminasi digelar selama 3 hari berturut turut. Hari pertama dan kedua akan diadakan acara kesenian rakyat setempat. Tarian dan permainan berbagai alat musik tradisional masyarakat Kalimantan biasanya selalu meramaikan acara tersebut.

Acara puncak terjadi saat titik kulminasi matahari akan segera berlangsung. Biasanya, pada hari itu, para pejabat setempat akan memberi sedikit sambutan, kemudian para wisatawan yang hadir akan beramai-ramai mendirikan telur dan melihat bayangan telur menghilang saat detik-detik kulminasi matahari terjadi.

5. Apa saja yang Perlu Dipersiapkan Untuk Menghadiri Event Pesona Kulminasi?

Selain akomodasi untuk tempat bermalam, kamu juga perlu mempersiapkan aksesoris penunjang saat menghadiri acara. Jangan lupa untuk memakai kacamata dan sunblock, karena acara diselenggarakan di ruang terbuka.

Selain itu, untuk terhindar dari dehidrasi karena cuaca panas, akan lebih baik jika kamu juga membawa air minum. Mungkin kamu bisa menemukan beberapa penjual air minum di lokasi event. Tapi jika kamu takut repot, membawa air minum sendiri untuk antisipasi, akan lebih baik.

Terdengar seru dan menyenangkan bukan? Terlebih jika sebelumnya kamu belum pernah menghadiri acara serupa. Jika kamu masih ingin keseruan event wisata lainnya, coba kamu cek jadwalnya di website Kharisma Event Nusantara. Jangan sampai ketinggalan ya!

Posting Komentar untuk "Pesona Kulminasi, Mengintip Keajaiban Matahari di Titik Tertinggi"

banner
banner