Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Tanjung Tinggi, Keindahan Batuan Granit Raksasa yang Mempesona

billitonecapture.com

Salah satu tempat wisata menarik yang memiliki pantai estetis yang pada tepian pantainya dipenuhi dengan batuan granit berukuran besar ini sangat instagramable dan sayang untuk dilewatkan ketika berkunjung ke Bangka Belitung.

Bahkan pantai ini pernah dijadikan sebagai lokasi syuting film keluarga terkenal yakni; Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi. Keindahan pantainya yang memikat membuat banyak wisatawan termasuk wisatawan mancanegara selalu menjadikan Pantai Tanjung Tinggi sebagai destinasi utama.

Keindahan Pantai Tanjung Tinggi

Daya tarik utama yang menjadikan banyak wisatawan berkunjung ke pantai ini adalah keberadaan batu-batu granit berukuran raksasa yang terlihat unik dan tentu saja hanya bisa dijumpai di Pantai Tanjung Tinggi.

Belum lagi, suasana ketika menikmati matahari terbenam (sunset) akan membuat suasana pantai ini terasa lebih romantis terlebih ketika mengunjungi pantai ini bersama pasangan.

Selain panorama pantainya yang eksotis dan kerap dijadikan sebagai latar foto, keadaan bawah laut Pantai Tanjung Tinggi yang masih alami dan banyak dijumpai berbagai ikan hias bisa dengan mudah dinikmati hanya dengan snorkeling.

Lokasi Pantai Tanjung Tinggi

Pantai indah yang juga menjadi ikon Bangka Belitung ini terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung. 

Pantai yang terletak di sisi utara Pula Belitung dengan jarak tempuh sekitar 37 km dari Kota Tanjungpandan. Untuk menuju ke pantai ini, dari Bandara H.A.S Hanandjoeddin dibutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Sebenarnya terdapat banyak rute untuk menuju ke pantai ini, hanya saja sepanjang rute Tanjung Pandan dan Tanjung Kelayang akan banyak dijumpai fasilitas publik termasuk warung makan maupun toko oleh-oleh untuk menjadi teman ketika berwisata di Pantai Tanjung Tinggi.

Tarif dan Jam Buka Pantai 

Untuk wisatawan yang hendak menikmati keindahan pantai ini, akan dikenakan tarif tiket sebesar Rp. 10 ribu perorang. Sedangkan untuk jam bukanya, pantai ini bisa diakses selama 24 jam setiap harinya.

Fasilitas Pantai Tanjung Tinggi

Berbagai fasilitas publik yang ada di pantai ini pun relatif lengkap, mulai dari toilet, warung makan hingga tempat penyewaan jetski maupun kano. Selain itu, di sekitar pantai ini juga terdapat penginapan dan homestay dengan tarif rata-rata Rp. 150 ribu – Rp. 250 ribu perorang.

Daya Tarik Pantai Tanjung Tinggi

Banyak daya tarik yang ditawarkan oleh pantai ini, berikut beberapa diantaranya:

  • Lokasi Foto 

Banyak wisatawan yang datang ke pantai ini untuk menjadikan batuan granit raksasa yang ada di bibir pantai sebagai latar lokasi foto yang tak hanya indah tapi juga unik dan sangat instagramable.

Bahkan pemandangan ke arah laut lepas dari tepian pantai ini juga tak kalah eksotisnya, terlebih ketika matahari terbit maupun tenggelam.

  • Berenang dan Snorkeling

Puas menikmati keindahan pantai ini, Anda juga bisa menikmati keindahan bawah laut Pantai Tanjung Tinggi yang memiliki berbagai habitat laut seperti ikan hias hingga terumbu karang yang masih terjaga.

  • Bermain Kano dan Jetski

Di sekitar pantai juga banyak terdapat penyewaan perahu kano maupun jetski dengan tarif sewa berkisar Rp. 70 ribu untuk menjelajah perairan pantai yang jernih dengan ombaknya yang tenang ini.

  • Menikmati Berbagai Kuliner Khas

Keberadaan warung-warung makan tradisional di sekitar pantai juga bisa dijadikan untuk menikmati berbagai sajian kuliner khas Bangka Belitung, khususnya menu-menu seafood seperti udang dan kepiting.

  • Menikmati Sunset

Sebagai akhir dari kunjungan ke Pantai Tanjung Tinggi ini, Anda bisa duduk bersantai di tepian pantai sambil menunggu kehadiran sunset yang perlahan tenggelam dan kembali ke peraduan yang mampu menghadirkan suasana romantis sekaligus penuh kenangan.

Itulah beberapa daya tarik Pantai Tanjung Tinggi, saat berwisata ke pantai ini upayakan untuk mematuhi aturan yang berlaku seperti tidak berenang terlalu ke tengah pantai dan membawa tabir surya atau sun block untuk menjaga kulit agar tidak hitam akibat sengatan matahari.

Posting Komentar untuk "Pantai Tanjung Tinggi, Keindahan Batuan Granit Raksasa yang Mempesona"

banner
banner