Layanan rollover kuota pada awalnya dipopulerkan oleh provider IM3, karena banyak diminati oleh penggunanya, layanan ini juga kemudian tersedia pada provider kartu XL.

Layanan rollover yang dikenal pada tahun 2017 ini bahkan masih diberlakukan hingga saat ini oleh kedua operator tersebut.

Melalui layanan akumulasi penambahan kuota sebelumnya yang telah hangus ini, para pengguna kartu kedua operator ini merasakan banyak manfaat terlebih jika sisa kuota yang telah hangus karena masa aktif yang telah habis masih tersisa sangat banyak.


Live.On produk apa?

Live On adalah merek provider digital baru dari perusahaan operator seluler XL Axiata.

Mengenal Layanan Rollover

Rollover adalah layanan yang memungkinkan pengguna memperoleh tambahan sisa kuota data yang tersisa sebelumnya yang tak bisa digunakan akibat masa aktif kuota data telah habis masa berlakunya.

Untuk bisa menikmati layanan rollover kuota ini, para pengguna harus mengisi ulang kembali dengan jenis kuota yang sama atau bisa juga dengan kuota yang lebih besar dari kuota sebelumnya untuk bisa memperoleh manfaat tambahan akumulasi kuota yang sebelumnya dianggap hangus untuk bisa digunakan kembali.



Ketentuan Umum Rollover Kuota

Layanan rollover kuota ini tidak berlaku untuk jenis kuota yang diluar dari kategori kuota utama baik kuota lokal maupun kuota regional, seperti kuota data yang berbentuk bonus maupun kuota data untuk kebutuhan pendidikan.

Selain itu, maksimal akumulasi penambahan kuota sisa adalah sebanyak 25 GB. Jadi, jika penggunanya memiliki sisa kuota lebih dari 25 GB yang tak bisa digunakan akibat habisnya masa aktif kuota, maka ketika melakukan pengisian ulang kuota, jumlah maksimal kuota yang masuk dalam kategori layanan rollover kuota adalah maksimal sebanyak 25 GB.

Jenis Pemberitahuan Layanan Rollover Kuota

Kedua operator yang memiliki layanan ini, biasanya memiliki ketentuan yang berbeda dalam hal pemberitahuan akumulasi kuota data melalui layanan rollover kuota ini, melalui dua mekanisme pemberitahuan seperti berikut ini;

Pemberitahuan Otomatis (Pesan Pop Up)

Pemberitahuan otomatis ini biasanya berbentuk pop up yang muncul di layar ponsel ketika penggunanya telah melakukan pengisian ulang kuota data sama dengan jenis kuota data yang telah hangus.

Dengan pemberitahuan otomatis ini, pengguna kartu tak perlu repot memeriksa bahwa layanan rollover atau kuota data yang tersisa telah ditambahkan melalui fitur yang tersedia dari tiap operator kartu.

Pesan SMS

Jenis pemberitahuan rollover kuota lainnya adalah melalui pesan Short Message Service (SMS) yang dikirimkan secara resmi oleh masing-masing operator yang memiliki ketentuan pemberitahuan rollover dengan memanfaatkan fitur SMS.

Dalam SMS biasanya diinformasikan secara detail, jumlah sisa kuota yang tersisa hingga jumlah total kuota yang tersedia setelah ditambahkan dengan rollover kuota dan kuota data yang baru diisi hingga masa aktif kuota data sesuai dengan jenis kuota yang diisi oleh penggunanya. 

Keuntungan Rollover

Banyak manfaat baik untuk pengguna kartu SIM yang providernya memberikan layanan tersebut, mulai dari penghematan data hingga kepastian kuota melalui jaminan sisa kuota data yang tidak akan hangus.

Lebih Hemat Data

Dengan adanya rollover kuota ini, pengguna internet bisa lebih menyesuaikan pengguna dan jumlah kuota yang hendak diisi. Dengan begitu tak hanya bisa menghemat penggunaan data juga bisa menghemat biaya untuk membeli kuota data.

Kepastian Kuota yang Tidak akan Hangus

Para pengguna kartu SIM yang memiliki layanan ini juga akan merasa lebih aman dan nyaman karena kuota yang tersisa tidak akan hangus yang justru akan merugikan pemilik kuota karena data yang pada akhirnya terbuang percuma.

Dari beragam manfaat dari rollover kuota ini, penting pula bagi pengguna data internet untuk selalu memanfaatkan penggunaan koneksi internet untuk hal-hal yang positif maupun bermanfaat agar fungsi kuota data internet bisa lebih optimal untuk kebutuhan sehari-hari.