Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Fungsi dan Jenis Botol Minyak Goreng


Saat ini ada beragam jenis kemasan botol minyak goreng dengan desain yang menarik hingga multifungsi. Meski demikian dalam memilih jenis wadah minyak goreng dibutuhkan kecermatan dan kejelian mengingat fungsi kemasan minyak goreng tak hanya digunakan sebagai wadah tapi juga sebagai alat takar saat menuangkan minyak goreng.

Meskipun beberapa produsen sudah melengkapi kemasan produk minyak gorengnya dengan botol khusus yang berbahan plastik namun pada kenyataannya banyak ibu rumah tangga yang lebih memilih menempatkan minyak goreng dalam kemasan khusus.

Fungsi Botol Minyak Goreng

Kemasan minyak goreng selain digunakan sebagai wadah juga memiliki sejumlah fungsi penting, diantaranya melindungi agar produk minyak goreng tetap terjaga, termasuk beberapa fungsi seperti berikut ini;

Menjaga Higienitas

Sebagai bahan pokok yang berbentuk cair, minyak goreng rentan akan kontaminasi dari udara hingga zat lain yang berasal dari luar, sehingga diperlukan kemasan minyak goreng yang mampu menjaga higienitas produk minyak goreng agar tetap layak pakai.

Lebih Tahan Lama

Fungsi lainnya dari kemasan minyak goreng adalah menjaga agar produk yang ada di dalamnya tetap lebih tahan lama, terlebih pada beberapa produk minyak goreng harus dalam keadaan tertutup rapat agar kualitas dari minyak goreng lebih tahan lama.

Praktis

Dengan memanfaatkan botol minyak goreng sebagai kemasan akan memberikan jaminan produk bisa lebih praktis dan bisa ditempatkan dimana saja termasuk bisa dengan mudah dibawa kemana saja tanpa harus khawatir tumpah.

Multifungsi

Kemasan minyak goreng juga umumnya di desain dengan bentuk yang multifungsi seperti bisa digunakan sebagai alat takar secara langsung ketika menuangkan minyak goreng, atau dilengkapi juga dengan mulut botol yang mudah dibuka tutup saat hendak digunakan.

Jenis-jenis Botol Minyak Goreng

Dalam memilih wadah minyak goreng, umumnya para ibu rumah tangga lebih menitikberatkan pemilihan wadah yang bersifat praktis sekaligus multifungsi khususnya dalam hal pemilihan jenis bahan kemasan minyak goreng baik yang terbuat dari kaca maupun plastik.

Berikut jenis-jenis botol minyak goreng yang diklasifikasikan berdasarkan bahan botolnya;

  • Kemasan Botol Berbahan Plastik

Kemasan botol minyak goreng berbahan plastik saat ini menjadi yang paling banyak digunakan oleh sejumlah produsen minyak goreng. Hal ini karena kemasan berbahan plastik mampu menjaga agar produk minyak goreng tetap terlindungi dan lebih tahan lama.

Di sisi lain pemanfaatan kemasan minyak goreng dengan bahan plastik ini juga bisa dimanfaatkan sebagai botol isi ulang, sehingga pembeli minyak goreng cukup membeli minyak goreng dalam kemasan pouch untuk dituangkan ke dalam wadah kemasan minyak goreng yang sudah ada.

Tak hanya itu saja, kemasan minyak goreng berbahan plastik juga dianggap lebih ekonomis karena biaya produksinya yang relatif terjangkau bagi produsen termasuk memiliki nilai promosi yang sangat efektif karena bisa dilihat langsung oleh konsumennya.

  • Kemasan Botol Berbahan Kaca

Pada kemasan botol minyak goreng berbahan kaca lebih banyak digunakan oleh ibu rumah tangga karena dianggap lebih kuat dan mampu menahan panas dari minyak goreng yang sudah digunakan.

Selain itu kemasan botol berbahan kaca juga dilengkapi dengan indikator takaran jumlah maupun kapasitas minyak goreng yang ada didalamnya, termasuk pada bagian mulut botolnya dilengkapi dengan penutup yang praktis dan mudah di buka dan di tutup.

Beberapa jenis botol minyak goreng berbahan kaca ini juga di desain dengan bentuk yang menarik sehingga tak hanya berfungsi sebagai kemasan saja tapi juga mampu menunjang sekaligus mempercantik tampilan dapur.

Itulah tadi penjelasan singkat tentang fungsi sekaligus jenis-jenis botol minyak goreng yang bisa dijadikan sebagai rekomendasi dalam memilih kemasan minyak goreng sesuai dengan kebutuhan. 

Posting Komentar untuk "Ini Fungsi dan Jenis Botol Minyak Goreng"

banner
banner