Banyak orang yang mengira bahwa biaya untuk bergabung dalam sebuah layanan asuransi sangat mahal. Nyatanya hal tersebut tidak selamanya benar dan tergantung dari jenis layanan yang anda gunakan. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi biaya asuransi. Daripada penasaran, yuk intip tips dapatkan proteksi dengan harga terjangkau sebagai berikut!

Tips Dapatkan Asuransi Dengan Harga Miring

1. Apply Dari Usia Muda

Asuransi merupakan layanan yang bisa memberikan proteksi bagi anda dari berbagai macam resiko, terlebih jika anda mengambil layanan health insurance. Pihak asuransi lah yang akan mengcover pengeluaran anda jika terjadi suatu hal yang masuk dalam kesepakatan. Usia menjadi faktor yang meningkatkan resiko yang akan ditanggung oleh pihak asuransi. 

Alasan itulah yang membuat anda harus membayar biaya yang lebih mahal saat menggunakan asuransi. Untuk menghindarinya, anda perlu apply sedini mungkin dan jangan tunggu tua. Premi yang anda bayarkan bisa lebih murah dibandingkan dengan nasabah yang baru apply saat usianya lebih senior. Tips ini sangat membantu terutama bagi anda yang mencari asuransi kesehatan.

2. Asuransi Murni

Asuransi memiliki berbagai macam jenis, salah satunya adalah asuransi investasi. Tipe asuransi ini bisa memberikan proteksi kepada nasabah dan juga menawarkan peluang keuntungan dari uang yang anda masukkan ke dalam asuransi tersebut. Namun biaya premi yang harus anda bayangkan terbilang cukup mahal dan tentunya lebih tinggi dibandingkan dengan asuransi murni. 

Jika anda ingin mendapat health insurance saja, maka langsung ambil paket health insurance yang tanpa embel embel investasi. Dengan begitu, premi perbulan yang perlu dibayar lebih terjangkau dan ramah kantong. Anda bisa menggunakan pilihan lain untuk berinvestasi karena masih banyak program lain yang bisa memberikan anda keuntungan. 

3. Ajukan Asuransi Saat Sedang Sehat

Sebelumnya sudah sempat disinggung bahwa orang tua memiliki lebih banyak resiko sehingga biaya preminya lebih mahal. Kondisinya juga demikian untuk orang yang sedang memiliki masalah kesehatan. Anda akan diminta untuk membayar premi asuransi kesehatan yang tinggi mengingat resiko yang ada dalam diri anda lebih besar dibandingkan orang lain.

Alasan lain mengapa anda perlu mengajukan asuransi di saat sehat adalah agar pihak asuransi bisa memberikan penawaran yang lebih beragam bagi kliennya. Anda bisa lebih fleksibel untuk menikmati tipe layanan yang anda inginkan. Namun jika kondisinya anda sudah memiliki sebuah penyakit, maka segera saja daftar asuransi sebelum kondisinya semakin parah. 

4. Pilih Asuransi yang Sesuai Kebutuhan

Kebanyakan orang yang membayar premi mahal adalah mereka yang membeli proteksi tanpa melihat kebutuhan. Mereka cenderung membeli produk dengan asal dan bisa mengakomodasi berbagai resiko. Perlu anda tahu bahwa semakin kompleks proteksi yang ada maka harga pemainya juga akan semakin mahal. 

Biaya asuransi akan membengkak dan manfaatnya tidak terlalu bisa anda rasakan. Akan lebih baik jika anda memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan saja dan baru nantinya mempertimbangkan untuk menambah proteksi lain. Jika anda sudah menandatangani buku polis, maka akan sedikit sulit untuk mengubah layanan dan biaya premi yang telah ditetapkan. 

Demi menghindari hal semacam itu, anda perlu mencari perusahaan asuransi yang terpercaya. Carilah staff yang bisa memberikan penjelasan secara rinci pada anda agar tidak sampai salah ambil jenis asuransi. Baca juga aturan dan ketentuan yang ada di dalam buku polis sebelum tandatangan karena kesalahan sedikit saja bisa membuat uang manfaat tidak cair.