Image sangat mendukung suatu artikel sehingga bisa lebih menarik. Untuk bisa menaikkan nilai SEO gambar merupakan pendukung yang mempunyai peranan sangat penting. Banyak cara untuk mendapatkannya. Mulai memfoto sendiri atau mengambil dari penyedia free. 

Sayangnya banyak yang belum paham bagaimana mendapatkan atau memindahkan gambar dari berbagai media ke dalam komputer. Biasanya gambar tersimpan secara otomatis pada My Computer. Namun bisa juga pada folder lain.


Cara mendapatkan Image ke komputer

Pada saat seseorang membuat artikel kemudian perlu mempercantiknya dengan gambar, maka bisa mengambil dari dokumen yang ada pada perangkat. Selain mempercantik, image juga bisa memberi gambaran visualisasi objek tulisan menjadi lebih jelas.

Sebagai contoh ketika kamu menulis tentang objek wisata yang ada di Belitung. Dengan menyertakan beberapa gambar, bisa membuat pembaca semakin tertarik untuk datang ke sana untuk menyaksikan keindahannya. 

Sekarang bagaimana jika objek masih di media lain? Tentu harus memindahkannya terlebih dulu. Caranya seperti apa? Tergantung medianya, berikut contohnya:

1. Kamera HP

Kamera yang tersemat pada HP bisa untuk menangkap objek dan memindahkannya dalam format gambar dengan sangat mudah. Kualitasnya tergantung dari perangkat, penggunaan fitur dan cara yang tepat. Setelah mendapatkan gambar dapat memindahkannya dengan menggunakan kabel data, melalui email atau fitur lainnya. 

Kamu dapat memfoto pemandangan alam atau lainnya, kemudian memindahkan file ke media lain termasuk komputer. Kamera juga bisa digunakan untuk memfoto gambar dengan cara yang sama. 

2. Dari website

Sebagian besar gambar yang terdapat pada website bisa diunduh atau download secara langsung. Akan tetapi ada juga pemilik yang memproteknya sehingga pengunduh perlu memasukkan password atau captcha.

Kamu perlu berhati-hati dalam menggunakan image yang ada di website karena tidak selalu free. Jika pemilik tidak menyetujui, bisa dianggap melanggar kepemilikan. Sebaiknya mengunduhnya dari situs yang menyediakan secara bebas.  

3. Dengan screenshot

Mungkin Kamu tidak menemukan alamat url dari gambar sehingga tidak dapat mendownloadnya. Untuk bisa memindahkan ke komputer bisa dengan screenshot atau mengambil tangkapan layar. Begitu juga jika menggunakan HP atau tablet.

Gambar hasil biasanya kurang rapi karena ada bagian lain yang tidak perlu terbawa. Untuk mempermanis Kamu bisa mengeditnya dengan cara memotong dan membuang bagian pinggir yang tidak perlu.

Agar gambar lebih tajam atau berkualitas, kamu juga dapat mengedit resolusi dan kecerahannya. Saat ini banyak fitur pengedit yang dapat berjalan di komputer, tablet dan smartphone. 

4. Scanner

Scanner merupakan alat yang berfungsi untuk memindai dan memindahkan gambar dalam bentuk hard copy ke soft copy. Caranya pun sangat mudah. Biasanya untuk menyalin dan memudahkan penyimpanan, banyak kantor yang menggunakan alat scanner. Harganya sangat bervariasi. 

Bagi yang ingin menggunakan scanner namun tidak mau mengeluarkan budget tambahan, saat ini semakin mudah karena tersedia berbagai aplikasi di Play Store dan App Store. Penggunaannya pun free.

Setelah itu tinggal mengirimnya ke komputer. Format file dari hasil kerja scanner secara default berbentuk PDF. Pengguna bisa menyimpannya dalam format lain seperti JPEG dan lainnya. 

Bagi yang senang menulis tentang objek berwisata, jangan lupa untuk mengambil gambar dengan menggunakan kamera HP. Selanjutnya bisa menambahkan dalam artikel yang dibuat sehingga terlihat lebih bagus dan jelas.

Pilihlah objek yang cantik dan menarik. Gambar yang baik dapat menambah value dari sebuah tulisan. Sebagai contoh ketika berwisata ke pantai Tanjung Tinggi Belitung, bisa menambahkan image pantai tersebut pada artikel yang dibuat.