Masa pandemi seperti sekarang ini telah banyak merubah tatanan hidup manusia dalam beraktivitas. Salah satu tatanan aktivitas yang berubah adalah kegiatan pembelajaran. Jika sebelumnya kegiatan belajar mengajar dilakukan secara tatap muka, kini dilakukan secara online. Ingin tahu informasi lebih dalam mengenai kuliah online? Yuk simak informasi lengkapnya disini!

Sekilas Mengenai Kuliah Dalam Jaringan 

Di Tengah adanya wabah virus Covid-19, perkuliahan online merupakan pilihan alternatif yang dapat dilakukan. Perkuliahan online merupakan suatu kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi dan jaringan internet. Kegiatan belajar mengajar secara online ini dilakukan guna untuk menghindari penyebaran virus korona. 

Ketika pembelajaran online berlangsung, semua kegiatan belajar mengajar seperti presentasi hingga diskusi diupayakan tetap dapat berjalan dengan lancar. Maka dari itu, baik dosen maupun mahasiswa harus menyiapkan perangkat yang dapat digunakan untuk mendukung aktivitas belajar dan mengajar. 

Pada umumnya, kegiatan kuliah online dilakukan dengan menggunakan beberapa aplikasi seperti zoom, google meet, skype, microsoft team, whatsApp group, dan yang lainnya. Deretan aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang menyediakan fitur tatap muka berupa video dan audio. Dengan adanya kegiatan pembelajaran yang baru ini tentunya mengundang pro dan kontra. 

Beberapa Kelebihan Kuliah Daring Di Masa Pandemi

1. Kelengkapan Bahan Ajar Dari Dosen 

Saat melakukan kegiatan belajar mengajar secara online berbagai dampak baik itu positif maupun negatif banyak dirasakan oleh dosen dan mahasiswa. Umumnya, dampak negatif yang sering dirasakan adalah kendala jaringan internet yang menjadikan komunikasi menjadi terhambat. Diluar dampak negatif tersebut, ternyata kuliah daring juga memiliki banyak dampak positif. 

Salah satu kelebihan dari pembelajaran online adalah bahan ajar yang diberikan oleh dosen sangatlah lengkap. Mengingat kondisi saat ini yang mengharuskan mahasiswa dan dosen melakukan pembelajaran secara jarak jauh, menjadikan beberapa materi kuliah disiapkan oleh dosen. Sehingga, hal tersebut dapat memudahkan anda dalam mengulang dan memperdalam materi. 

Hal tersebut berbanding terbalik pada saat kuliah tatap muka, mahasiswa diharuskan untuk mencari beberapa materi secara mandiri baik itu di toko buku maupun di perpustakaan. Namun, pada saat belajar online ini, para dosen juga dituntut untuk menciptakan metode dan materi yang lebih interaktif untuk membantu mahasiswa merasakan kemudahan saat kuliah daring. 

2. Ilmu Mudah Diserap Oleh Mahasiswa

Kelebihan selanjutnya yang dapat dirasakan saat melakukan kegiatan pembelajaran online yaitu mahasiswa dapat merasakan kemudahan dalam memahami materi perkuliahan. Hal tersebut dapat terjadi karena dengan adanya teknologi digital, mahasiswa bisa mendapatkan perkuliahan melalui layar laptop, smartphone, ataupun komputer. 

Melalui layar perangkat yang digunakan saat melakukan kegiatan pembelajaran daring tersebut, mahasiswa bisa melakukan berbagai aktivitas seperti bertanya, berdiskusi, dan lainnya. Hal satu ini tentunya dapat menjadi suatu keuntungan dibandingkan pada saat melakukan perkuliahan tatap muka dikelas. Pasalnya, keramaian di kelas juga bisa menghambat untuk menyerap materi.  

3. Manajemen Waktu Yang Lebih Baik 

Kelebihan berikutnya dari belajar online yaitu dapat memanajemen waktu secara baik. Hal tersebut dapat terjadi karena saat melakukan perkuliahan daring, anda tidak perlu membuang waktu untuk melakukan perjalanan menuju kampus. Dengan begitu, anda dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk kegiatan yang lainnya. 

Itulah deretan informasi mengenai kegiatan belajar mengajar secara online, mulai dari sekilas mengenai pengertianya hingga kelebihan yang dimilikinya. Dengan adanya informasi tersebut, semoga dapat memberikan anda wawasan yang baru mengenai sistem pembelajaran baru. Sehingga, anda bisa lebih semangat lagi saat menjalankannya.