SLF atau sertifikat laik fungsi adalah sertifikat yang dikeluarkan pemerintah untuk bangunan yang telah dilengkapi oleh IMB dan memenuhi persyaratan kelayakan teknis untuk fitur atau fungsi tersebut. Realisasi teknis suatu bangunan dapat ditentukan oleh hasil pengujian oleh otoritas yang bertanggung jawab. Berikut cara memilih jasa pengurusan SLF.

Tentang Pengurusan SLF

Area yang dipertimbangkan berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 2002 No. 28 dan Peraturan Menteri No. 27 tentang Kesesuaian Fungsional, Persyaratan Desain Bangunan, Keselamatan, Kesehatan, Kenyamanan, dan Bangunan. Kredensial yang diterbitkan ini berlaku selama 5 tahun untuk jenis bangunan umum dan 20 tahun untuk bangunan tempat tinggal. 

Cara Pilih Layanan Jasa Manajemen SLF

1. Pelajari Profil Perusahaan dan Legalitasnya

Saat ini, Anda dapat menemukan beberapa penyedia layanan manajemen SLF. Namun perlu diperhatikan bahwa pemilihan rekanan atau penyedia jasa konsultan tidak boleh sembarangan, terutama bagi pengawas teknis gedung. Tentunya hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kualitas ujian dan hasil dari detail studi yang akan Anda terima. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk mempelajari lebih lanjut tentang layanan konsultasi yang Anda gunakan sebagai afiliasi. Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang tidak hanya memenuhi permintaan pelanggannya. Namun, juga memiliki misi untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat luas terkait pentingnya pengurusan SLF. 

Pada tahap ini, pastikan untuk menyelidiki secara menyeluruh calon mitra melalui Internet. Pastikan nama perusahaan bisa anda temukan di internet dengan alamat yang sesuai. Selain itu, perusahaan profesional harus memiliki situs web yang memberi tahu tentang semua layanan yang ditawarkan dan bagaimana prosedur yang harus dilakukan. 

Ketika Anda menerima poin di atas, jangan lupa untuk memastikan bahwa mitra jasa pengurusan SLF di masa depan sepenuhnya legal. Misalnya, profesional bersertifikat termasuk sertifikat perusahaan, NIB atau Nomor Induk Berusaha, SBU atau Sertifikat Badan Usaha, SIUJK atau Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi, dan dasar hukum pendukung lainnya.

2. Lihat Pengalaman dan Portofolio

Mulailah dengan mencari informasi tentang pengalaman calon mitra pengelola SLF, serta integritas legalitas. Tidak dapat dipungkiri bahwa pengalaman dapat menjadi ukuran kemampuan suatu perusahaan dalam menyelesaikan pekerjaan. Jika Anda memilih perusahaan yang telah berdiri dalam waktu yang lama pastinya telah banyak pengalaman. 

Tapi ini tentu saja tidak cukup untuk dipertimbangkan. Selain itu, anda juga perlu cari tahu lebih banyak tentang nama perusahaan dan area yang menjadi pelanggan jasa layanan dalam dua tahun terakhir. Jika perlu, Anda dapat menanyakan tentang nilai proyek yang ditangani oleh perusahaan yang terlibat dalam jasa pengurusan SLF sebagai mitra kerjasama. 

Pastikan bahwa ahli lapangan benar-benar memiliki kemampuan teknis yang diperlukan untuk melakukan tinjauan teknis terhadap keandalan bangunan, di samping portofolio pengalaman dan pekerjaan. Sebagai aturan umum, perusahaan profesional memiliki anggota tim yang disertifikasi secara resmi berdasarkan keahlian yang sesuai.

3. Pilih jasa yang Responsif dan Profesional

Jangan terburu-buru mengambil keputusan sebelum Anda mengetahui sistem kerja perusahaan jasa layanan SLF. Anda dapat membandingkan profil beberapa perusahaan untuk mendapatkan ide mitra terbaik. Jalin komunikasi terlebih dahulu dengan menanyakan beberapa hal tentang keberhasilan atau hubungan pelanggan calon mitra pelanggan.

4. Minta Rekomendasi Teman atau Rekan Kerja

Perusahaan konsultan atau penyedia layanan jasa pengurusan SLF yang berpengalaman dapat menunjukkan bahwa perusahaan tersebut sangat profesional dan kompeten. Namun demi keselamatan Anda, mintalah rekomendasi rekan kerja Anda. Dengan begitu, anda akan lebih mudah menemukan jasa yang profesional dan terpercaya.

5 tips diatas perlu dipertimbangkan sebelum melakukan kerjasama dengan jasa SLF. Pengurusan ini telah diatur dalam undang-undang, sehingga anda perlu berhati hati dan memahami dengan betul terkait prosedur dan langkah yang harus dilakukan. Hal ini dilakukan untuk keselamatan anda dan juga bangunan yang akan diurus.