Kamis, 09 Desember 2021

Manfaat Penerapan Sistem Informasi Sekolah

Kamis, Desember 09, 2021 | Berkomentar

Sistem Informasi sekolah dihadirkan sebagai langkah untuk meningkatkan kualitas dari pendidikan yang mampu berkembang mengikuti kondisi zaman. Pengadaan sistem ini juga bertujuan untuk membantu sekolah dalam melakukan pengelolaan kegiatan pengajaran agar dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Selain itu, informasi terkait sekolah juga dapat dengan mudah di akses.

Manfaat adanya Sistem Informasi yang dibuat Sekolah

1. Memudahkan Pengelolaan Data 

Dengan adanya sistem sekolah, banyak kemudahan yang bisa didapatkan. Salah satunya yaitu data dapat dikelola dengan baik, sehingga lebih tertata dan terstruktur. Selain itu, semua pengelolaan data baik akademik maupun non akademik dapat susun dengan rapi dan lebih terlihat efektif juga efisien. Bagi staf dan juga pengajar akan terbantu dengan layanan ini dalam proses manajemen siswa.

2. Penyimpanan Database Sekolah

Sistem ini juga dapat dimanfaatkan sebagai brankas penyimpanan data. Pasalnya semua informasi terkait data siswa, guru dan staf bisa dicantumkan dalam sistem. Sistem juga biasanya dilengkapi dengan berbagai informasi pendukung terkait perkembangan sekolah. Secara tidak langsung, sistem ini akan memperkenalkan dan menunjukkan kualitas pendidikan yang diterapkan di sekolah.

Dalam sistem informasi sekolah, jenis informasi yang didapatkan tidak hanya tentang data siswa saja, melainkan banyak hal lainnya. Diantaranya, anda bisa mengetahui sejarah singkat dari berdirinya sekolah, struktur kepemimpinan, sistem kurikulum, administrasi, bahkan sampai aset sekolah. Berbagai kejuaran yang dimenangkan oleh siswa atau sekolah juga umumnya akan diunggah.

3. Memantau Perkembangan Pendidikan siswa

Adanya sistem ini akan membuat informasi sekolah yang terintegrasi lebih transparan bagi masyarakat umum dan tentunya akan memudahkan orang tua dalam memantau perkembangan belajar dari siswa. Berbagai sistem layanan telah terkumpul menjadi satu dalam situs web sekolah dan dapat diakses kapanpun oleh para wali murid.

Dalam sistem sekolah ini biasanya terdapat layanan khusus yang dapat diakses oleh orangtua untuk mengetahui absensi siswa dan juga berbagai hasil belajar siswa. Umumnya orang tua akan diberikan kode akses khusus untuk masuk dalam sistem. Dalam sistem akan ditemukan data yang bersifat umum atau diakses semua orang dan ada data yang bersifat khusus dan hanya bisa diakses civitas sekolah.

4. Meningkatkan Pelayanan Pendidikan

Sederhananya, sistem informasi sekolah  ini juga dapat dianggap sebagai informasi penghubung antara sekolah dengan orangtua atau bahkan masyarakat. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi orangyua yang henda mencari pendidikan yangs esuai untuk anak. Melalui sistem informasi ini anda akan mendapatkan berbagai keterangan terkait sekolah dan jenis kegiatan yang dilakukan.

Dengan terbentuknya sistem sekolah, pastinya akan membantu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas yang ditawarkan. Dalam situs ini sekolah dapat membagikan berbagai prestasi yang pernah didapatkan dan beberapa keunggulan lainnya dari sekolah. Dengan begitu juga akan membuat daya tarik sekolah semakin tinggi.

5. Memudahkan Pembelajaran Siswa

Sistem informasi memberikan keuntungan tersendiri bagi siswa dalam menjalankan proses pembelajaran terutama di masa pandemi ini. Dengan adanya pandemi, sekolah meluncurkan sistem baru sebagai media pembelajaran atau yang biasa disebut sebagai e-learning. Fitur ini biasanya dapat diakses melalui web sistem sekolah.

Dengan adanya sistem informasi sekolah membuat siswa tidak lagi menyimpan dan menghafal berbagai link. Segala jenis kebutuhan siswa sudah terangkum atau terkumpul dalam sistem yang dikelola oleh sekolah. Dengan begitu siswa dapat melakukan absensi, mendownload materi pembelajaran sampai dengan melakukan pengumpulan tugas melalui sistem.

Pengembangan sistem ini tidak hanya memberikan kemudahan bagi sekolah saja melainkan juga kemudahan bagi siswa, guru, orangtua dan masyarakat. Dalam pengelolaan dan pengembangan sistem, sekolah dapat melakukan kerjasama dengan pijar sekolah sebagai layanan pembantu membuat sistem yang bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia.

Kategori: ,

0 comments:

Posting Komentar