Selasa, 02 November 2021

Yuk, Rutin Lari Pagi dan Rasakan Manfaat Pentingnya Untuk Tubuh!

Selasa, November 02, 2021 | Berkomentar

Lari pagi merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak dipilih oleh orang-orang karena tidak memerlukan peralatan olahraga dan bisa dilakukan siapa saja. Selain itu, manfaat lari pagi juga terbilang sangat banyak bagi kesehatan tubuh [1].

Salah satu manfaat lari pagi yaitu untuk membakar kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh, terutama ketika Anda sedang program untuk menurunkan berat badan. Adapun jumlah kalori yang dibakar ketika sedang olahraga lari sangat bervariasi. Biasanya tergantung dari berat badan, durasi dan kecepatan berlari [2]. 

Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat lari pagi tentu baru bisa Anda rasakan manfaatnya jika dilakukan secara rutin dan kontinyu. Selain dapat membakar kalori dengan baik, apa saja manfaat yang bisa dirasakan ketika rajin lari pagi?

1. Menjaga Kesehatan Otot

Ketika lari pagi maka Anda sedang meningkatkan kualitas otot yang lebih kuat dan terlatih. Tidak heran mengapa orang yang rajin lari pagi akan lebih mampu melakukan perjalanan jauh dengan berjalan kaki. 

Persendian tulang Anda akan bekerja dengan lebih baik ketika rajin lari pagi lewat proses metabolisme tubuh. Aliran darah juga lebih lancar, sehingga tubuh merasa lebih kuat dan berstamina. Jika Anda sering merasa pegal, bisa mencoba memulai olahraga lari pagi secara perlahan. 

2. Menjaga Kesehatan Jantung Dan Paru-paru

Manfaat lari pagi juga berpengaruh pada kesehatan jantung karena saat lari jantung akan memompa darah lebih kencang untuk memenuhi nutrisi dan oksigen ke otot. Dengan begini, secara tidak langsung maka melatih jantung untuk terus bekerja dengan baik.

Hal ini membuat jantung jadi lebih sehat dan menekan risiko penyakit serta gangguan tekanan darah. Lari pagi juga baik untuk mengatasi hipertensi, karena mampu menjaga pola detak jantung lebih sehat. Selain itu, jika rutin lari pagi maka paru-paru dapat bekerja lebih maksimal. Ini disebabkan udara segar yang Anda hirup di pagi hari. Udara yang bersih dapat meningkatkan frekuensi napas sehingga lebih banyak udara yang masuk lewat oksigen ke paru-paru.

3. Menjaga Kualitas Tidur

Bagi Anda yang sedang merasa kesulitan tidur setiap malam maka bisa mencoba olahraga lari pagi. Aktivitas ini cukup simpel untuk dilakukan dan dapat membuat kualitas tidur jadi lebih meningkat karena response dari tubuh yang membutuhkan istirahat setelah banyak mengeluarkan tenaga sepanjang hari. Jadi Anda bisa coba praktekkan untuk rutin lari pagi mulai hari ini.

4. Peningkatan Imun

Manfaat lari pagi ternyata juga ada kaitannya dengan peningkatan imunitas seseorang. Saat Anda rajin melakukan lari pagi maka di situ terjadi peningkatan metabolisme tubuh. Ketika metabolisme tubuh meningkat, tentu saja imunitas akan naik karena adanya pertumbuhan sel-sel pertahanan tubuh [3].

Kekebalan tubuh yang meningkat juga sangat menguntungkan bagi Anda. Salah satunya yaitu untuk mencegah serangan virus, bakteri hingga virus yang berbahaya.  

5. Peningkatan Produktivitas

Apakah Anda sering merasa kurang produktif? Jika iya, maka coba lari pagi sebelum memulai aktivitas. Lari pagi bisa membantu Anda lebih berpikir jernih dan lebih bersemangat untuk melakukan berbagai rencana di hari itu. Setelah melakukan lari pagi, Anda tidak hanya akan merasa badan lebih fit. Tetapi juga bisa membuat Anda memiliki waktu yang lebih panjang, karena sejak pagi hari sudah melakukan kegiatan yang produktif. 

Sebelum Lari Pagi, Cukupi Asupan Air Mineral Dalam Tubuh Dengan AQUA

Sebelum melakukan aktivitas lari pagi, sangat penting bagi Anda untuk minum air mineral berkualitas yang menyehatkan untuk menjaga Anda dari dehidrasi. Salah satu air mineral dari merk berkualitas saat ini adalah AQUA. 

Dalam proses produksinya, AQUA memiliki tiga perlindungan, yaitu menjaga ekosistem di sekitar sumber air AQUA. perlindungan mineral  murni yang terkandung dalam air, dan proses pengemasan aqua dengan teknologi yang canggih.

Sebelum mengawali lari pagi, minum AQUA untuk memulai harimu!

Kategori: ,

0 comments:

Posting Komentar