Senin, 08 November 2021

Manfaat Push Up Untuk Memperbaiki Postur Tubuh

Senin, November 08, 2021 | Berkomentar

Manfaat push up bisa dirasakan oleh tubuh, khususnya untuk memperbaiki postur. Ada beberapa gerakan push up yang disesuaikan dengan kebutuhan bagian tubuh yang ingin dilatih. Pada dasarnya gerakan ini dilakukan sebagai ketahan dan kekuatan khususnya untuk bagian lengan dan dada. 

Berbagai Manfaat Push Up Untuk Memperbaiki Postur Tubuh 

Push up melatih beberapa otot sekaligus seperti bagian lengan, dada, perut, pinggul, dan kaki. Anda bisa melakukan modifikasi sesuai kebutuhan. Hal seperti mempercepat push up, sudut tubuh Anda, dan bahkan penempatan tangan, akan menambah atau mengurangi intensitas, atau fokus pada otot tertentu. Berikut adalah beberapa manfaat push up yang bisa dirasakan dalam memperbaiki postur tubuh [1]. 

1. Memperkuat Otot Dada dan Tangan 

Studi yang dibahas di Journal of Physical Therapy Science menemukan bahwa aktivitas otot dada lebih besar ketika push up dilakukan saat tangan diletakkan setengah ke dalam dari posisi normalnya. Ada beberapa variasi push up yang bisa dilakukan untuk memberi perhatian terhadap salah satu bagian tubuh secara signifikan [2]. 

Kalau dada dilatih agar bisa memiliki massa otot yang handal, maka secara tidak langsung kamu memberikan manfaat bagi tubuh agar bisa lebih tegap dan terlihat lebih tinggi dari sebenarnya. 

2. Mengencangkan Anggota Tubuh

Anda bisa jadi lebih tinggi bila melakukan gerakan rutin yang benar. Salah satu manfaat push up rutin adalah membuat bagian yang dilatih untuk jadi kencang dan lebih berisi. Anda tidak perlu melakukan push up dengan hitungan banyak, cukup 12–15 kali dalam sehari saja, sudah bisa mengencangkan bagian tubuh yang dilatih. 

Bagian seperti lengan, bokong, perut, hingga kaki akan terlihat lebih kencang dan Anda juga akan merasakan kalau tubuh jadi lebih ringan. Tubuh yang kencang akan membuatmu lebih percaya diri dan yakin bisa menambahkan tinggi badan kalau sering melakukan push up dan berbagai variasinya [3]. 

3. Pembentukan Punggung 

Punggung yang tegap dan berotot akan sangat bagus untuk postur tubuh Anda, khususnya bagi yang memiliki kebiasaan membungkuk. Lakukan Forward dan backward push up secara rutin, Anda bahkan bisa menyembuhkan nyeri punggung yang kerap dirasakan.

Cara melakukannya cukup tangan sekitar 20 cm depan bahu untuk gaya kedepan. Kalau ke belakang diletakkan di belakang bahu. Kalau sudah menerapkannya, Anda tidak perlu menunggu waktu lama untuk melihat pengaruhnya pada tubuh. Punggung akan lebih tegap dan otomatis tubuhnya berjauhan [4]. 

4. Menambah Tinggi Badan 

Latihan kekuatan dapat membentuk otot dan juga menambah tinggi badan. Latihan seperti push up memberikan ketahanan pada tubuh dan mendorongnya untuk bisa membuat tubuh lebih tinggi lagi. 

Anda juga harus ingat bahwa dari usia tertentu, Tidak akan berhenti meninggi. Jadi walau sudah melakukan push up belum tentu tinggi yang di dapat bisa signifikan. Yang terjadi adalah Anda bisa tinggi karena mempertimbangkan postur tubuh bungkuk atau badan yang kurang tegap bisa dilatih dengan memperagakan aktivitas push up [2]. 

5. Memperkuat Tulang 

Push up memang tidak bisa memperpanjang tulang, tapi bisa memperkuat tulang dan memperbaiki postur tubuh. Kalau dilakukan dengan rutin maka badan bisa lebih tegap. Anda yang beraktivitas duduk seharian dapat mengakibatkan tulang punggung membungkuk. Kalau hal ini diperbaiki, melakukan push up dengan rutin.

Aktivitas tersebut anda akan terlihat jauh lebih tinggi. Tulang akan lebih kokoh dan kuat. Jadi, dengan push up dan berbagai variasinya, tubuh jadi lebih tegap dan setidaknya ada peningkatan 1 persen dari yang diharapkan. 

Itulah beberapa manfaat push up yang bisa dikaitkan dengan membuat tubuh agar lebih tinggi. Tentu banyak faktor lain yang berkontribusi seperti genetika, asupan makanan, olahraga dan banyak beristirahat. Tubuh rata-rata akan berhenti meninggi pada usia tertentu, jadi Anda bisa mengusahakan setidaknya agar postur tubuh tegap dan badan jadi terlihat lebih tinggi. 

Kebiasaan Minum Air Putih Yang Menyehatkan 

Anda bisa melakukan push up dengan rutin untuk bisa mendapatkan postur tubuh yang ideal. Saat berolahraga, tubuh akan kehilangan cairan dan untuk memenuhi kebutuhan air sangat dianjurkan untuk minum air yang berkualitas dan mengandung berbagai vitamin dan mineral bermanfaat seperti AQUA

AQUA mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti kalsium, kalium, natrium, selenium dan masih banyak lagi. Berbagai mineral tersebut dapat memperlancar peredaran darah, mencegah tubuh dari dehidrasi dan beragam manfaat lainnya yang baik untuk tubuh [5]. 

Anda tidak perlu khawatir mengkonsumsi air dalam kemasan AQUA karena mulai dari pengambilan air sampai diterima ditangan konsumen, semua prosesi dilakukan memakai teknologi canggih dan tanpa campur tangan manusia langsung agar menjamin kebersihannya. 

AQUA memastikan memberikan perlindungan untuk tiga hal, ekosistem di sekitar sumber air, kualitas dan keberlangsungan air terjaga dan pengemasan higienis pada tiap botol atau galon AQUA yang dikirimkan pada konsumen. Oleh karena itu, Anda bisa minum AQUA tiap hari tanpa merasa khawatir. 

Dapatkan tubuh yang sehat dengan menjaga makanan, pola hidup, dan olahraga. Selalu siapkan AQUA baik ukuran 600 ml, 500 ml atau 300 ml sebelum berolahraga. Dengan demikian Anda akan mendapatkan tubuh yang ideal dan memenuhi kebutuhan hidrasi karena berolahraga.

Kategori: ,

0 comments:

Posting Komentar