Senin, 29 November 2021

Cara Perawatan Mesin Cutting agar Harga Jual CNC Plasma Cutting Tetap Stabil

Senin, November 29, 2021 | Berkomentar

Meskipun penggunaan mesin pemotong plasma dilakukan secara rutin dan hati-hati, tak jarang juga menimbulkan masalah. Oleh karena itu, memperhatikan perawatan dan servis rutin mesin pemotong plasma sangat penting. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat mesin agar harga jual CNC Plasma Cutting tetap stabil.

Cara Perawatan yang bisa dilakukan

1. Gunakan Part yang Tepat

Pilihan bahan habis pakai tergantung pada arus pemotongan dan gas plasma yang digunakan untuk setiap operasi. Operator juga perlu menggunakan jenis suku cadang untuk membuat manual untuk jenis pekerjaan tertentu. Penggunaan suku cadang yang aus secara tidak tepat dapat mempersingkat masa pakai plasma dan mengurangi kualitas potongan.
 
Komponen juga harus beroperasi pada arus listrik yang benar. Ampere harus disetel ke 95 persen dari output nozzle. Jika arus terlalu rendah, akan mempengaruhi hasil pemotongan yang akan terlihat kotor. Akan tetapi, jika arus terlalu tinggi juga akan mempengaruhi kualitas Nozzle. Nozzle anda akan mengalami penurunan umur pakai secara signifikan.

2. Lepaskan Bagian Consumable Parts secara Teratur

Mengganti oli mesin kendaraan secara rutin lebih murah daripada mengganti mesin kendaraan. Ini juga berlaku untuk mesin plasma di mana jual CNC Plasma Cutting atau mengganti suku cadang yang aus (nozel, elektroda, pusaran air) lebih hemat biaya daripada mengganti torch. Memaksa nozzle dan elektroda dapat menyebabkan busur menjadi tidak terkendali dan merusak torch. 

Seringkali ada tanda-tanda kualitas potongan yang buruk. Jika ada residu oksida atau retakan di bagian luar dan dalam nozzle, ini menunjukkan bahwa nozzle perlu diganti. Sementara itu, periksa lubang pada elemen elektroda untuk menentukan apakah elektroda perlu diganti. Hal tersebut tergantung pada gas yang digunakan.

Kedalaman korosi lubang tidak boleh melebihi 3/32 "untuk oksigen atau udara dan 1/8" untuk argon dan nitrogen. Jika lubang lebih dalam dari persyaratan ini, sekarang saatnya untuk mengganti elektroda. Jika pemeriksaan akhir bagian pengaduk gas atau swirr gas ditemukan retak, terbakar, kotoran atau gemuk pada lubang, swirr perlu diganti.

3. Pasang Torch dengan Benar-

Ketika ditangani dengan benar, torch bisa bertahan sangat lama tanpa terburu-buru jual CNC Plasma. Torch harus dipasang dengan benar dan aman. Ini untuk memastikan kontak listrik yang tepat dan memungkinkan gas dan cairan pendingin mengalir dengan baik melalui torch. Selain itu, ulir torch harus bersih untuk memastikan tidak ada kontaminasi partikel eksternal. 

4. Pastikan Aliran Gas dan Coolant Tepat

Anda harus memeriksa aliran dan tekanan gas atau refrigerant setiap hari. Aliran yang tidak mencukupi akan menghasilkan pendinginan yang buruk pada bagian yang aus dan akan mempengaruhi masa pakai suku cadang. Tekanan gas yang konstan penting untuk mempertahankan busur pemotongan. 

Tekanan gas yang berlebihan merupakan suatu masalah umum yang berkaitan dengan hard starting, di mana torch tidak dapat menghasilkan arc. Gas plasma juga harus dijaga tetap bersih dan kering. Kegagalan torch dini dan masa consumable parts yang aus adalah dua konsekuensi dari gas yang terkontaminasi.

5. Bersihkan Torch Secara Rutin

Penting bagi operator untuk mencari tanda-tanda torch yang terkontaminasi sebelum jual CNC Plasma. Ulir dalam dan luar harus selalu bersih dan dalam kondisi baik. Area di mana nozzle dan elektroda berada harus dibersihkan setiap kali area tersebut kotor. Untuk membersihkan torch, gunakan kain atau kapas dan larutan pembersih listrik seperti hidrogen peroksida.

Cara diatas bisa anda gunakan untuk merawat mesin CNC Plasma Cutting. Masih banyak cara lain yang bisa anda ketahui lebih lanjut. Dengan mengetahui bagaimana cara merawat dengan baik, kemungkinan mesin anda akan bertahan dalam jangka waktu yang lama. Setelah mengetahui cara merawatnya, anda bisa coba membeli Mesin Cutting ini di inseco.id

Kategori: ,

0 comments:

Posting Komentar