Kamis, 23 September 2021

Kenali 7 Tanda Freon AC Bocor Sejak Dini

Kamis, September 23, 2021 | Berkomentar
Kenali 7 Tanda Freon AC Bocor Sejak Dini

Memiliki AC di ruangan bisa membuat Anda bisa beraktivitas lebih produktif karena suhu udara yang lebih sejuk. Tidak hanya dipasang di rumah saja, AC dipasang di area perkantoran, mall atau tempat layanan publik lain demi menunjang kenyamanan penghuni. Bila ada komponen yang rusak dan perlu penggantian spare part AC, maka beli suku cadang asli yang berkualitas. Salah satu masalah yang acap dialami banyak orang saat AC tidak bisa mengantarkan suhu dingin lebih cepat adalah kebocoran freon. 

Tanda freon AC mengalami kebocoran yang harus Anda waspadai

Freon merupakan gas yang bisa menyebabkan efek rumah kaca dan berisiko membuat Anda mengalami masalah pernapasan bila menghirup senyawa kimia ini. Meskipun demikian, belum ada senyawa kimia lain yang bisa menggantikan freon dalam menyerap beban pendingin pada perangkat elektronik seperti AC, kulkas dan lain-lain. Selalu lakukan pengecekan berkala agar Anda bisa melakukan pengisian pada freon AC yang habis atau segera melakukan tindakan penanganan bila terjadi kebocoran freon tersebut. 

Berikut beberapa tanda freon AC mengalami kebocoran yang wajib Anda waspadai yaitu :

1. Pipa tidak terasa dingin 

Pipa AC yang tidak terasa dingin hingga tidak ada bunga-bunga es menjadi tanda bahwa Anda perlu pengisian freon AC kembali.

2. AC tidak bisa mengantarkan suhu sejuk lebih cepat 

Setelah menyalakan AC dan mengatur suhu pada remote, Anda bisa merasakan aliran udara sejuk yang membuat nyaman. Namun, Anda harus waspada bila AC tidak bisa mengantarkan suhu dingin lebih cepat setelah proses penyalaan mesin yang lama. Kemungkinan freon AC mengalami kebocoran sehingga tidak mampu menstabilkan atau membuat ruangan menjadi lebih dingin.

3. Adanya kebocoran air 

Kerusakan AC yang tidak cepat dingin bisa terjadi pada bagian evaporator sehingga Anda harus rajin mengecek bagian ini. Bisa saja evaporator AC mengalami penggumpalan yang menjadi tanda freon AC Anda sudah habis dan perlu pengisian kembali.

4. Bagian outdoor unit AC

Outdoor unit AC harus tetap dicek secara berkala mulai kompresor, kapasitor, kipas, dan pipa penyalur listriknya. Bagian outdoor unit AC akan terasa panas sebab mengalirkan listrik dan adanya stok freon yang aman. Anda bisa mengundang jasa ahli untuk melakukan pengecekan lebih efektif atau mengganti komponen yang rusak dengan spare part AC yang bagus, bila bagian luar ruangan ini tidak terasa panas ya!

5. Lampu indikator terus berkedip

Tanda freon bocor atau habis bisa terlihat dari lampu indikator pada AC yang terus berkedip. Tidak hanya tekanan freon saja, lampu timer menyala bisa disebabkan adanya masalah pada kompresor AC dan komponen listrik lainnya.
 

6. Tagihan membengkak 

Tanda freon AC alami kebocoran bisa Anda waspadai dari tagihan listrik yang membengkak. Hal ini dikarenakan tekanan freon AC bermasalah sehingga butuh daya lebih besar untuk mendinginkan ruangan di rumah Anda. 

7. Tanda keracunan 

Sebagai senyawa kimia yang tidak berbau dan berwarna, Anda mungkin sulit mengetahui freon AC bocor atau tidak. Namun, Anda bisa merasakan tanda keracunan zat kimia ini dari kesulitan bernapas, pembengkakan pada tenggorokan hingga risiko keselamatan yang lebih tinggi. 

Guna mencegah terjadi risiko keracunan gas berbahaya yang bisa membuat keselamatan Anda dan keluarga terancam, sebaiknya lakukan servis berkala untuk mencegah risiko tersebut. Tukang AC berpengalaman akan mendeteksi dan mencegah risiko kerusakan atau kebocoran freon AC secara berkala. Bila ada komponen AC yang rusak pun, Anda bisa mendapatkan penggantian spare part AC yang berkualitas. Gunakan produk suku cadang dari Daikin yang terbukti bagus, harga lebih terjangkau dan mampu menghemat energi lebih baik. 

Kategori: ,

0 comments:

Posting Komentar