Selasa, 17 Agustus 2021

Mengulik Syarat Nikah Siri Cilacap

Selasa, Agustus 17, 2021 | Berkomentar
Mengulik Syarat Nikah Siri Cilacap

Kebanyakan orang memang sering kali ingin merayakan momen yang indah ini secara beramai ramai. Hal tersebut bertujuan untuk menunjukkan legalitas dan menyebarkan berita bahagia sebagai sepasang suami dan istri. Namun, tak sedikit pula orang yang merayakan pernikahannya secara siri. Ingin tahu syarat syarat untuk melakukan nikah yang satu ini? Yuk simak syarat nikah siri Cilacap.

Pengertian Pernikahan Siri

Jenis momen bahagia yang satu ini merupakan pernikahan yang dilakukan  secara tertutup dan dirahasiakan yang dilakukan hanya sesuai aturan adat maupun agama. Umumnya, jenis pernikahan yang satu ini dilakukan oleh sebagian orang yang beragama islam. Kegiatannya tidak diberitakan kepada khalayak umum dan tidak tercatat dengan resmi di KUA. 

Singkatnya, menurut hukum yang ditegakkan negara, pernikahan yang satu ini tidaklah sah, karena memang tidak tercatat secara resmi. Namun, jika secara agama pernikahan ini sah asalkan syarat syarat yang ada terpenuhi. Meski terdapat berbagai tanggapan, jenis pernikahan yang satu ini masih banyak dilakukan oleh banyak orang di Negara Indonesia. 

Syarat Syarat Yang Harus Dipenuhi

Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk melakukan nikah siri Cilacap. Pada hukum islam, terdapat lima rukun yang harus dipenuhi supaya pernikahan yang dilakukan sah. Rukun tersebut antara lain adalah terdapatnya calon suami maupun calon istri, hadirnya wali dari kedua calon mempelai, harus ada minimal dua orang saksi, dan terakhir terjadinya ijab qabul. 

Bisa dikatakan rukun nikah ini merupakan syarat syarat sah untuk melangsungkan pernikahan. Selain rukun nikah, terdapat pula syarat syarat lain yang harus dipenuhi oleh kedua pihak calon mempelai. Syarat tersebut antara lain, kedua mempelai harus memiliki agama yang sama yaitu islam, memiliki izin dari keluarga, dan menikahi yang bukan mahramnya. 

Tata Cara Melakukan Pernikahan Siri

Sebelum melakukan pernikahan yang satu ini, penting bagi anda untuk mengetahui rukun nikah dan syarat syaratnya. Selain itu terdapat juga tata cara untuk melakukan momen bahagia yang satu ini menggunakan jasa nikah siri Cilacap. Tata cara pada jenis pernikahan yang satu ini terbilang cukup sederhana dibandingkan dengan pernikahan yang resmi.

Tata cara yang pertama yaitu calon mempelai pria harus meminta izin kepada pihak wali nikah perempuan. Jika telah mendapatkan izin, mahar atau mas kawin harus disiapkan, hal ini sangat penting dan tidak boleh terlewat karena untuk keperluan ijab qabul. Dan yang terakhir, kunjungilah pemuka agama untuk melaksanakan ijab qabul.

JIka tidak ada pemuka agama yang tidak bisa menjadi penghulu, maka mintalah bantuan seseorang yang paham akan hal tersebut untuk menjadi penghulu pada pernikahan siri yang anda lakukan. Dengan melakukan tata cara yang ada, jangan sampai anda melewatkan syarat syarat yang telah ditentukan. Karena jika memang ada yang terlewat, akan menjadikan nikah tidak sah.

Melakukan pernikahan yang satu ini memang tidak begitu rumit. Namun jika anda belum memiliki pengetahuan tentang pelaksanaannya, kebingungan juga akan menghampiri. maka dari itu, penting bagi anda untuk mencari cari informasi sebelum melaksanakannya. dengan menggunakan jasa nikah siri Cilacap anda tidak perlu bingung lagi, karena semua fasilitas akan dibantu. 

Itulah beberapa informasi mengenai pengertian, syarat syarat, hingga tata cara melakukan pernikahan siri. Dengan membaca informasi tersebut, semoga dapat memberikan anda gambaran untuk  melakukan jenis pernikahan yang satu ini. Dengan begitu, ketika anda ingin melakukan pernikahan, anda tidak salah dan dapat memenuhi rukun nikah dan ketentuan yang seharusnya.
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar