Minggu, 29 Agustus 2021

5 Kerusakan yang Biasa Dijumpai pada Mobil Daihatsu Sigra Matic

Minggu, Agustus 29, 2021 | Berkomentar
5 Kerusakan yang Biasa Dijumpai pada Mobil Daihatsu Sigra Matic

Mobil yang memakai sistem transmisi otomatis memang sangat praktis untuk digunakan. Tipe mobil ini juga terbilang mudah dioperasikan sehingga dinilai cocok bagi pengendara pemula. Salah satu tipe mobil dengan transmisi otomatis yang ada di Indonesia adalah Daihatsu Sigra. Ruang kabin yang luas dari mobil ini membuatnya banyak dipilih sebagai mobil keluarga.

Kerusakan Mobil Matic

Penting sekali bagi pengguna mobil matic untuk memahami beberapa jenis gangguan yang sering terjadi. Begitu juga pada mobil Sigra bertransmisi otomatis ini. Terdapat beberapa kondisi kerusakan yang sangat mungkin terjadi. Berikut adalah 5 kerusakan yang umum ditemui pada mobil matic:

1. Gangguan Fungsi Transmisi

Salah satu jenis gangguan yang sering dijumpai pada mobil matic adalah adanya kendala fungsi tuas transmisi. Padahal perlu diketahui bahwa tuas transmisi ini menjadi poin penting bagi sebuah mobil matic. Nyatanya, tuas transmisi mobil matic sangat sering mengalami error.

Biasanya kondisi error ini ditemukan pada posisi gigi tertinggi. Jika tuas transmisi mengalami error maka keamanan dan kelancaran berkendara bisa terganggu. Apabila Anda menemui kondisi semacam ini maka disarankan untuk segera memeriksa fitur signal engine yang terdapat di panel instrumen.

2. Muncul Getaran

Gangguan lain yang juga sering muncul di mobil bertransmisi otomatis adalah munculnya getaran tidak wajar. Mobil yang bekerja dalam performa baik tentu tidak akan menghasilkan getaran apapun. Jika tiba-tiba muncul getaran tidak wajar yang bahkan hingga mengganggu kenyamanan pengemudi dan penumpang di dalam mobil.

Getaran yang muncul ini bisa saja disebabkan oleh masalah pada sistem transmisi mobil. Selain itu getaran juga bisa dipicu oleh gesekan kopling yang telah aus. Lebih baik segera lakukan pemeriksaan rutin untuk menemukan masalah ini dan mendapatkan solusi terbaik.

3. Hambatan Pemindahan Tuas

Masalah lain yang sering terjadi pada mobil Daihatsu Sigra maupun tipe mobil lainnya yang bertransmisi matic adalah kesulitan saat memindahkan tuas. Kendala ini bisa terjadi karena ada hambatan pada switch sistem transmisi di mobil Anda. Posisi tuas gigi bisa tersangkut sehingga akan sangat sulit untuk dipindahkan. 

Kondisi ini mungkin dianggap sepele karena biasanya setelah dicoba beberapa kali tuas bisa dipindahkan. Namun, jika tidak segera diatasi maka kondisi ini bisa berkembang semakin parah. Kerusakan yang terjadi bisa semakin besar dan mempersulit Anda saat berkendara. 

4. Muncul Hentakan saat Pindah Gigi

Kendala berikutnya yang juga sangat wajar terjadi pada mobil matic adalah munculnya hentakan saat perpindahan gigi. Kondisi ini umumnya akan dirasakan dengan mudah oleh pengemudi apalagi jika sudah terbiasa memakai mobil tersebut setiap hari. Ketika terjadi hentakan yang ringan saja saat perpindahan gigi biasanya akan langsung terasa mengganggu.

Sentakan yang muncul ini bisa saja menjadi indikator adanya kerusakan pada performa mesin mobil Anda. Jika sentakan yang dirasakan mulai bertambah parah, jangan menunda untuk pergi ke bengkel. Lakukan pemeriksaan menyeluruh untuk menghilangkan hentakan tersebut.

5. Sulit Berjalan Mundur

Gangguan lain yang juga sering menimpa mobil matic adalah gangguan pada sistem mekanik transmisi otomatis. Kondisi ini biasanya akan menyebabkan mobil kesulitan untuk berjalan mundur. Tentunya kerusakan ini akan sangat mengganggu kelancaran Anda saat berkendara. Segera bawa mobil ke bengkel untuk mengatasi kerusakan ini sebelum bertambah parah.

Itulah 5 jenis kendala yang sering ditemui pada mobil matic. Pengguna Daihatsu Sigra matic tentu harus mewaspadai semua kerusakan ini. Pastikan untuk melakukan pemeriksaan rutin sehingga kerusakan-kerusakan ini tidak sampai terjadi dan mengganggu kenyamanan berkendara.

Kategori: ,

0 komentar:

Posting Komentar