Sabtu, 20 Februari 2021

6 Daftar Bahan Makanan Sehat untuk MPASI Bayi Bunda

Sabtu, Februari 20, 2021 | Berkomentar
6 Daftar Bahan Makanan Sehat untuk MPASI Bayi Bunda

Memasuki usia bayi di atas 6 bulan, biasanya sang ibu sudah sangat bingung memilih dan memilah mana saja menu yang paling bergizi untuk MPASI bayi. Anda memikirkan nutrisi, rasa, hingga tekstur yang akan diberikan sebagai makanan pertama si kecil. Belanja bahan masakan pun jadi rutinitas wajib. 

Tapi Anda jangan sampai lupa kualitas bahan tersebut. Sebaik apapun cara memasak MPASI Anda, kalau bahannya tidak berkualitas pasti gizinya juga rendah. Apa Anda masih bingung kira-kira bahan makanan apa saja ya yang bisa jadi menu sehat andalan MPASI buah hati?

Rekomendasi Belanja Bahan Masakan untuk MPASI Bayi

1. Alpukat

Buah ini dikenal dengan kandungan nutrisinya yang tinggi. Alpukat kaya akan mineral, vitamin, karbohidrat, omega 3, dan mikro nutrisi lainnya. Alpukat juga punya rasa yang gurih lezat. Buah ini bisa dijadikan sebagai menu andalan MPASI sejak usia 6 bulan. 

Anda bisa melumatkan 1 buah alpukat dengan ASI perah. Gunakan bantuan garpu atau sendok makan untuk menghaluskan alpukat. Sesuaikan keenceran ASI atau sufor sesuai dengan tekstur yang bisa diterima bayi. Biasanya di awal masa MPASI, tekstur bubur alpukat harus lebih encer. 

2. Buah Pisang 

Buah satu ini sudah sejak dulu jadi andalan ibu untuk MPASI. Buah pisang tergolong terjangkau, mudah ditemukan, dan kaya gizi. Cara penyajiannya juga cukup mudah. Anda tinggal cuci bersih 1 buah pisang, kupas kulitnya sebagian kemudian kerok daging pisang dengan sendok kecil. 

Contoh buah pisang yang paling bagus untuk anak misalnya jenis pisang ambon, pisang raja, pisang emas, dan pisang susu/morlin. Bagi bayi yang baru mulai MPASI, sebaiknya hindari memberikan jenis pisang yang punya rasa asam. Karena lidah bayi belum bisa menerimanya. 

3. Brokoli

Agar bayi nantinya tumbuh jadi anak yang suka makan sayuran, maka kenalkan sayur sejak MPASI. Anda bisa menggunakan sayur brokoli yang kaya gizi sebagai permulaan menu MPASI. Brokoli yang kecil mungil ini ternyata memiliki banyak nutrisi penting untuk bayi. 

Misalnya ada serat, asam folat, kalsium, dan berbagai jenis vitamin. Untuk bayi yang baru mulai MPASI, rebus brokoli sampai empuk dan lumatkan. Anda juga bisa menggunakan slow cooker untuk membuat bubur brokoli instan.

4. Labu Kuning

Buah labu kuning juga sangat baik untuk menu MPASI bayi. Labu kuning setelah dikukus akan punya tekstur yang empuk dan rasa manis alami. Labu ternyata mengandung serat, nutrisi mikro, dan juga vitamin C. Labu kuning bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh bayi Anda. 

Cara membuat bubur labu kuning juga mudah. Anda tinggal cuci bersih labu, kemudian potong-potong dan kukus. Jika ingin praktis, kukus labu bersamaan dengan saat Anda masak nasi untuk keluarga. Kemudian hancurkan labu kukus dengan bantuan sendok. Encerkan labu dengan ASI. 

5. Pepaya

Pepaya bisa menjadi senjata andalan ibu untuk melancarkan pencernaan bayi. Anda bisa memberikan pepaya yang sudah matang pada bayi dengan cara dilumat sedikit. Pepaya kaya kandungan asam folat, vitamin A, vitamin E, vitamin C, dan juga serat. 

6. Ubi Jalar

Ubi jalar jenis apapun baik yang berwarna putih, kuning, atau ungu ternyata sangat baik untuk tumbuh kembang bayi. Anda bisa mendapatkan nutrisi berupa serat, vitamin C, vitamin A, dan lain sebagainya. Ubi jalar ternyata sangat bagus untuk perkembangan kecerdasan otak bayi Anda. 

Dimana ya bisa belanja bahan masakan seperti di atas? Anda yang tak berani keluar rumah bisa mengandalkan TaniHub untuk membeli bahan MPASI berkualitas. Anda tinggal download aplikasi dan lakukan pemesanan secara online. Semua bahan MPASI untuk si kecil akan sampai rumah tanpa repot.

0 komentar:

Posting Komentar