Kamis, 29 Oktober 2020

Cara Menumbuhkan Minat Baca Si Kecil Bersama Tanoto Foundation

Kamis, Oktober 29, 2020 | Berkomentar
Cara Menumbuhkan Minat Baca Si Kecil Bersama Tanoto Foundation

Setiap orang tua pasti mempunyai momen kegiatan seru bersama sang anak. Mulai dari kegiatan bermain maupun belajar bersama. Salah satu kegiatan seru yang dapat dilakukan oleh orang tua dan anak selama di rumah adalah kegiatan membaca. Melalui kegiatan baca bersama, Tanoto Foundation menggagas gerakan #IndonesiaCintaMembaca yang dapat dilakukan bersama si kecil.

Apa Pentingnya Momen Baca Bersama?

Membaca adalah kegiatan yang dapat dengan mudah dilakukan oleh masyarakat modern. Anda bisa membaca berbagai hal untuk menambah wawasan dan mengenal banyak hal. Begitu pula momen baca bersama antara orang tua dan anak. Kegiatan ini diharapkan dapat merangsang kemampuan berpikir sang anak, sehingga akan menjadi salah satu hal positif yang dapat meningkatkan tumbuh kembang sang anak.

Bagaimana Momen Baca Bersama Bisa Menjadi Hal Yang Seru?

Momen baca bersama dapat dilakukan dengan cara membacakan suatu cerita kepada sang anak, maupun menanyakan kembali tokoh-tokoh maupun cerita yang telah dikenalkan kepada anak. Melalui kegiatan ini, orang tua dapat berbagi banyak hal dan mengajarkan anak untuk aktif mengenali berbagai hal yang mereka pelajari. 

Begitu pula kegiatan yang dilakukan oleh Tanoto Foundation. Melalui kegiatan ini orang tua dapat sekreatif mungkin menciptakan kegiatan baca bersama menjadi lebih seru dan menyenangkan. Orang tua juga dapat mengenalkan kepada anak pentingnya kebiasaan membaca.

Manfaat Kegiatan Momen Baca Bersama

Kegiatan membaca bersama yang dilakukan mempunyai manfaat penting bagi tumbuh kembang sang anak. Anak dapat menjadi lebih aktif dan mempunyai hubungan sosial yang lebih akrab dengan orang tua. Berikut beberapa manfaat yang didapatkan ketika mengikuti kegiatan momen baca bersama.

Melalui kegiatan baca bersama, seorang anak anak mengenal kosa kata, bentuk, warna, dan benda. Seorang anak akan mengenali konsep awal yang terdapat dalam buku cerita, kemudian mencoba mengenali berbagai hal yang ada di sekitarnya. Tentunya, kegiatan ini dapat membantu orang tua untuk mengenalkan hal baru kepada anak.

Kegiatan membaca juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir anak. Berbagai cerita yang dikenalkan orang tua kepada anak akan tersimpan di dalam memori dan membentuk sebuah imajinasi. Melalui kegiatan ini, seorang anak akan tertarik untuk mempelajari hal baru. Tentunya, dapat menciptakan budaya membaca di lingkungan anak. 

Selain itu, kegiatan membaca dapat berdampak pada kemampuan sosial yang baik. Mengajak anak untuk membaca bersama dan menanyakan kembali cerita-cerita yang telah dipelajari dapat melatih anak untuk berkomunikasi dengan baik. Kebiasaan berbagi cerita dapat mengembangkan kemampuan anak agar dapat bersosialisasi dengan keluarga, guru, maupun teman sebaya.

Berikutnya, kegiatan membaca yang dilakukan bersama anak dapat mempererat hubungan dan kasih sayang diantara mereka. Melalui kegiatan ini, orang tua juga dapat menyampaikan pesan atau informasi kepada anak dengan menyampaikan pesan tersirat sebagaimana pada sebuah cerita. Bahkan, seorang anak juga dapat tumbuh menjadi seorang yang terbuka dengan orang tua dan mampu menyampaikan keinginannya.

Kegiatan momen baca bersama antara orang tua dan anak merupakan kegiatan penting yang dapat dilakukan sejak dini. Selain mengenalkan pentingnya kebiasaan membaca kepada anak, momen baca bersama juga mempunyai banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak dan mempererat kedekatan dengan orang tua.

Tanoto Foundation percaya bahwa stimulasi pada anak usia dini adalah investasi terbesar dalam proses tumbuh kembang anak, salah satunya dengan membangun budaya membaca. Kepercayaan ini mendorong Tanoto Foundation untuk menggagas gerakan/kampanye #IndonesiaCintaMembaca

Jangan lupa Moms juga bisa ikutan lho kegiatan seru kompetisi sharing Momen baca bersama yang diadakan oleh Tanoto Foundation dan hadiahnya seru banget. Kompetisi berlangsung sampai bulan Desember 2020. Cek highlight #MomenBaca di IG : @tanotoeducation atau untuk informasi lebih lanjut di https://tanotofoundation.org/id/news/kompetisi-momenbacabersama-dapatkan-
Reaksi:
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar