Kamis, 24 September 2020

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Bayi Kembung

Kamis, September 24, 2020 | Berkomentar
Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Bayi Kembung 

Kehadiran anak menjadi anugerah tak ternilai. Dimana orang tua akan disibukkan dengan memberikan perhatian dan pengajaran. Mulai dari belajar berbicara, berjalan, hingga bermain dengan lingkungan sekitar. Semua aktivitas ini begitu menyenangkan dan tak jarang membuat orang tua tertawa dengan tingkat lucu bayi yang muncul begitu saja. Namun, karena si kecil masih rentan terhadap berbagai hal. 

Orang tua juga diwajibkan untuk menghindari berbagai elemen yang mampu membuatnya sakit. Tetapi tugas tersebut tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa faktor yang membuat orang tua kecolongan. Hal serupa juga terjadi saat bayi mengalami masalah pada sistem pencernaannya. Perlu digaris bawahi bahwa sistem kekebalan pada si kecil belum tersusun dengan baik. 

Mereka perlu melakukan adaptasi dengan lingkungan sekitar. Sehingga dampak yang mungkin terjadi ialah gejala aneh yang muncul dalam tubuh bayi. Misalnya saja, hidung mampet, kembung, hingga hidung mampet. Pada dasarnya semua ini terjadi karena si kecil sibuk melakukan adaptasi dengan lingkungan yang dianggap baru. Meskipun begitu orang tua tetap perlu mengonsultasikan dan memberi bantuan pada si bayi. 

Sekarang pembicaraan diarahkan pada masalah perut kembung pada bayi. Nah, pada dasarnya penyebab dari perut kembung bisa berasal dari makanan yang dikonsumsi, serta pilihan dot yang tidak tepat. Dalam kondisi seperti ini biasanya bayi lebih rewel. Langsung saja di bawah ini beberapa metode mengatasi perut bayi kembung:

1. Perhatikan posisi menyusui

Beberapa sumber menyebut bahwa posisi paling tepat untuk menyusui ialah bagian kepala lebih tinggi. Sedangkan bagi Anda yang sudah menggunakan botol. Jangan pilih lubang dot yang terlalu keci. Pasalnya, hal tersebut akan membuat udara yang terhirup oleh bayi lebih bayak. Kejadian ini yang kemudian tanpa disadari membuat perutnya kembung. Tidak diperkenankan pula lubang dot terlalu lebar. Kondisi itu tentu akan menyulitkan bayi saat menyusu. Sebab, volume yang tak terkontrol. 

2. Berikan pijatan

Selanjutnya bagi Anda yang mengetahui bahwa si kecil mengalami bayi. Usahakan untuk langsung memberikan pijatan lembut pada bagian perut dan kaki. Selain itu, orang tua bisa menggunakan air hangat saat memandikannya. 

3. Perhatikan makanan bayi

Poin yang juga krusial untuk diperhatikan ialah asupan yang diberikan pada bayi. Aturan yang sering dianjurkan oleh para ahli adalah dengan memberikan sayuran dan buah yang kaya nutrisi dan serat. Kombinasi yang baik akan menimbulkan efek yang bagus untuk tubuh si kecil. Tetapi saat konsumsinya terlalu berlebih. Maka sudah bisa dipastikan asupan ini berubah menjadi gas. Nah, perubahan tersebut yang sering membuat si kecil mengalami perut kembung. Jika Anda tidak terlalu berani untuk menanganinya sendiri. Segera lakukan konsultasi pada pihak profesional.   
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar