Jumat, 11 September 2020

Agar Cepat Hamil Hindari 5 Makanan dan Minuman Berikut!

Jumat, September 11, 2020 | Berkomentar
Agar Cepat Hamil Hindari 5 Makanan dan Minuman Berikut!

Kehadiran buah hati dapat memberikan warna tersendiri bagi pasangan yang telah berumah tangga. Anak dianggap sebagai karunia dan anugerah yang besar dari Tuhan. Memiliki momongan tidak hanya didambakan bagi pasangan suami istri yang baru saja menikah, tapi juga dirasakan pasangan yang usia pernikahannya bisa terbilang lama. Segelintir cara dilakukan agar cepat hamil, termasuk memperhatikan pola makan. Ternyata, ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari jika Anda tengah menjalankan program kehamilan. Simak daftar berikut ini!

1. Junk Food

Mengonsumsi junk food sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian besar orang. Anda harus berhenti memesan dan makan junk food jika sedang merencanakan kehamilan. Makanan cepat saji meningkatkan risiko obesitas yang akan berujung ke penyakit diabetes. Efek obesitas sendiri memicu tekanan darah tinggi yang dapat mengganggu perkembangan janin dan menyebabkan interfilitas. Akan lebih baik untuk membuat makanan cepat saji sendiri yang jauh lebih sehat di rumah.

2. Kafein Berlebih, Alkohol, dan Rokok

Produk kafein juga bisa menyebabkan interfilitas karena dapat mengganggu kontraksi otot tuba fallopi dan menyulitkan telur untuk pindah ke tempat yang tepat untuk pembuahan. Anda harus mengurangi jumlah kafein yang akan dikonsumsi per harinya. Selain kafein, alkohol juga memberi dampak buruk. Tidak hanya menyebabkan interfilitas, alkohol bisa menghentikan nutrisi yang baik bagi tubuh serta menyerap semua vitamin B. Dalam proses kehamilan, vitamin B berperan besar dan harus terpenuhi untuk mendukung pertumbuhan janin. Menghindari lingkungan yang tidak sehat juga perlu, seperti tidak berada satu ruangan dengan orang-orang yang merokok. Nikotin dan tar yang didapat dari asap rokok berbahaya bagi kesehatan, terutama janin.

3. Nasi Putih

Mudah dijumpai di menu makanan sehari-hari, ternyata nasi putih juga dapat menghambat kehamilan. Nasi putih memiliki indeks glikemik tinggi dan meningkatkan kadar gula dengan cepat sehingga bisa memicu diabetes jika dikonsumsi berlebihan. Solusinya, Anda bisa memilih beras merah yang mempunyai indeks glikemik rendah dan mengandung lebih banyak serat, serta nutrisi yang berdampak positif bagi tubuh. Nutrisi yang baik membantu Anda agar cepat hamil dan menjaga kesehatan janin.

4. Protein Hewani Tertentu

Jika bisa, hindari untuk mengonsumsi protein hewani tertentu seperti daging mentah dan makanan laut. Bakteri salmonella bisa saja dijumpai pada jenis makanan tersebut. Bakteri ini dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti diare, kram perut, dan muntah. Elemen yang ada di bakteri Salmonella sangat membahayakan janin karena berpotensi menginfeksi area plasenta.

5. Ikan dengan Kandungan Merkuri Tinggi

Tahan dulu keinginan Anda yang ingin menyantap sushi, seperti dari King Mackerel, marlin, hiu, ikan todak, tuna ahi, atau tuna bigeye. Deretan ikan tersebut merupakan ikan dengan tingkat merkuri tinggi. Pada dasarnya, merkuri meracuni ginjal dan sistem saraf tubuh seseorang dan beracun bagi tubuh. Jika ibu hamil terpapar merkuri, resiko anak terlahir dengan ketidakmampuan belajar akan meningkat. Merkuri tidak hanya didapat dari ikan, tapi juga dijumpai pada obat-obatan dan kosmetik tertentu. Anda harus lebih selektif lagi dalam memilih makanan apa yang harus dikonsumsi.

6. Keju

Keju lunak yang tidak dipasteurisasi masih mengandung bakteri yang bisa sangat buruk dalam mempengaruhi perkembangan bayi. Jenis keju yang tidak dipasteurisasi, di antaranya feta, keju kambing, Brie, Camembert, keju biru, Roquefort, dan Gorgonzola. Keju lunak yang tidak dipasteurisasi juga meningkatkan risiko keguguran. Tentu Anda tidak menginginkan hal ini terjadi bukan?.

Reaksi:
Kategori: ,

0 komentar:

Posting Komentar