Selasa, 16 Juni 2020

Jangan Asal Beli, Inilah 3 Pertimbangan Dalam Memilih Masker Kain

Selasa, Juni 16, 2020 | Berkomentar
Jangan Asal Beli, Inilah 3 Pertimbangan Dalam Memilih Masker Kain

Sejak Covid-19 menjadi pandemi, persediaan masker di pasaran semakin menipis bahkan bisa dibilang langka. Banyak oknum yang memanfaatkan situasi ini untuk menimbun masker hingga menjualnya dengan harga yang tidak masuk akal. Beruntungnya masih ada masker non-medis yang bisa dijadikan alternatif untuk melindungi diri. Ya, kini masyarakat bisa menggunakan masker kain untuk beraktivitas sehari-sehari dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ada.

Kendati banyak masker berbahan kain yang bisa dengan mudah didapatkan, namun tidak semua masker tersebut bisa Anda andalkan untuk mencegah penularan virus. Lebih dari itu, jangan memilih masker hanya sekadar karena warnanya yang cantik dan gambarnya yang lucu. Tetap selektiflah dalam memilih masker agar Anda bisa melindungi diri dan orang lain dari penularan penyakit, termasuk virus Covid-19 ini.

Pertimbangan dalam memilih masker

Di tengah pandemi ini keberadaan masker seakan menjadi tren. Sejak masker kain dipilih sebagai alternatif masker non-medis, banyak produsen dan penjual yang berlomba-lomba menawarkan produk masker terbaik mereka. Lalu, apa saja hal yang harus dipertimbangkan saat memilih masker? Berikut informasinya.

1. Fungsi

Sebelum adanya pandemi, mungkin Anda adalah orang yang sudah terbiasa menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Pada situasi tersebut, Anda memakai masker untuk melindungi diri dari debu dan polusi. Akan tetapi, sejak Covid-19 ini digaungkan sebagai pandemi, maka masker yang dulunya digunakan sebagai pelindung dari debu dan polusi kini juga memiliki peran tambahan, yakni mencegah penularan virus.

Sesuai informasi yang diberikan oleh WHO, masker bahan kain dikatakan efektif dan mampu mencegah penularan virus ketika masker tersebut terbuat dari bahan pilihan dan minimal memiliki 3 lapis kain. Untuk itu pilihlah masker yang memenuhi standar sehingga bisa memberikan perlindungan lebih.

2. Nyaman dipakai

Selain mempertimbangkan fungsi, Anda juga perlu memilih masker yang nyaman dipakai. Kriteria nyaman ini bisa dilihat dari bahan masker yang berkualitas, ukuran yang sesuai dengan bentuk wajah, dan memiliki tali atau karet pengikat. Selain itu, pilihlah masker kain yang tidak membuat Anda merasa pengap ketika harus memakainya berjam-jam karena dituntut untuk bekerja di luar rumah.

3. Harga

Maraknya penimbunan masker oleh oknum yang tidak bertanggung jawab menjadikan harga masker meroket tajam. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir akan mengeluarkan budget lebih untuk membeli masker bahan kain. Yup, masker berbahan kain ini dijual dengan harga yang murah. Lebih dari itu masker jenis ini bisa dicuci dan kembali digunakan sehingga Anda tidak harus selalu membeli yang baru. 

Akan tetapi, pastikan Anda tidak hanya memiliki satu masker. Paling tidak Anda memiliki 2 sampai 3 masker sebagai cadangan. Hal ini mengingat masker berbahan kain sebaiknya  digunakan tidak lebih dari 4 jam. 

Demikianlah beberapa pertimbangan yang perlu dilakukan dalam memilih masker berbahan kain. Selain masker berbahan kain yang polos, saat ini juga banyak masker fullprint dengan motif-motif yang menarik. Anda lebih suka yang mana? Baik memilih masker polos atau fullprint, tetap prioritaskan fungsi masker yang akan dipakai, ya!

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar