Jumat, 29 Mei 2020

Mari Belajar Mengenai CSS pada Pemrograman Web

Jumat, Mei 29, 2020 | Berkomentar
Belajar CSS

Sekarang mari kita belajar tentang CSS, nah untuk mulai belajar CSS mari kita mulai dari hal-hal mendasar tentang CSS. Kita mungkin bisa memulai dari apa sih pengertian CSS? Lalu belajar apa sih peran CSS da berbagai macam serba serbi CSS, yang akan kita bahas satu persatu pada artikel kali ini. 

Dari pada berlama-lama mari kita langsung saja membahas satu persatu CSS! 

Pengertian CSS

Sebelum membahas lebih jauh sebelumnya mari kita mengenali terlebih dulu pengertian CSS.

Kita perlu memahami hal yang paling mendasar, yaitu CSS dengan pengertiannya, CSS merupakan singkatan dari istilah Cascading Style Sheets, apabila diterjemahkan secara harfiah dalam bahasa Indonesia, CSS mempunya arti “lembar penataan menurun”. Pada konteks penggunaannya CSS merupakan bahasa yang ada dalam bahhasa pemograman. CSS merupakan kumpulan perintah yang dapat digunakan untuk menjelaskan tampilan halaman pada situs website dalam bahasa mark-up language. Mark-up Language sendiri dalam bahasa pemograman dapat digunakan untuk membuat website. 

Salah satunya bentuk bahasanya adalah HTML yaitu Hypertext Mark Up Language, yang merupakan bahasa pemograman standard yang sering dan lazim digunakan dalam pembuatan halaman website. HTML adalah istilah yang ada di “balik layar” tampilan halaman web yang dapat di akses. Oleh sebab itu sebuah website akan berantakan tanpa adanya bahasa pemogramana layaknya HTML.

HTML dan CSS sangat berhubungan erat, nah selanjutnya untuk memahami CSS kita juga harus memahami hubungan CSS dan HTML, sekarang mari kita bahas hubungan dua bahasa pemograman tersebut. 


Hubungan CSS dan HTML

Apa sih hubungan CSS dan HTML? Mungkin pertanyaan itu akan muncul kepada para pembaca budiman yang masih membaca artikel ini. daripada semakin bingung mari kita bahasa sekarang!

CSS dan HTML terhubung secara erat. Karena, CSS sendiri merupakan kode-kode yang digunakan saat mendesain laman HTML. Jika dianalogikan HTML adalah manusia, maka CSS merupakan baju yang membuat tampilan HTML terlihat lebih menarik. CSS membantu pada desainer website guna menentukan dan mengubah tampilan teks (baik ukuran, bentuk hingga warna font), tambahan gambar, sampai pada penentuan dan pengubahan pada latar belakang laman HTML.  

CSS dapat dilihat keberadaanya dengan adanya atribut pada warna teks. CSS dapat memberi perintah berupa teks warna biru melalui tag <span> dengan atribut class= “warna”. Tiap tag <span> muncul, teks akan mengikuti perintahnya yakni terdapat warna biru pada teks. Hal demikian dapat dilakukan jika kita ingin mengganti warna. Maka, kita haru mengganti CSS pada tag <style> dari “blue” menjadi warna lain, setelah mengganti perintah, secara otomatis teks yang awalnya berwarna biru akan berganti warna sesuai dengan perintah yang kita ketikkan. 

Nah.. bagaimana? Sampai disini sudah jelas bukan hubungan erat antara CSSdan HTML. Agar lebih mudah dipahami, kita lanjutkan pembahasan artikel pengertian CSS ini pada tahap selanjutnya yakni fungsi dari CSS.

Baca juga : Domain Promo .com

Fungsi CSS

Langsung saja agar tidak terlalu panjang pembahasan ini, mari kita lanjutkan belajar CSS dengan memahami fungsi CSS. 

Untuk mengetahui fungsi CSS ini sebenarnya telah dapat diterka pada bagian sebelumnya yaitu hubunga HTML dengan CSS yang begitu erat. Namun, agar lebih mudah dipahami. Saya akan menjelaskan fungsi CSS, jadi kita tidak perlu lagi menerka-nerka melainkan langsung memahami fungsinya.

CSS dapat berfunsi untuk mendesain, membentuk, serta mengubah pada tampilan laman web. CSS bekerja melalui tag HTML, seperti yang telah kita bahas di atas. Dengan menggunakan CSS, tag HTML dapat diubah dengan cara yang lebih sederhana. Sehingga tampilan laman pada sebuah website menjadi terlihat lebih efisien dan menarik. Dengan begitu pengguna akan lebih betah berlama-lama pada website anda.

Jadi peran CSS sangat penting untuk website. Tanpa CSS, tampilan website akan terlihat sangat membosankan. Atau mungkin butuh waktu lama untuk loading. Oleh sebab itu kita tidak bisa hanya bergantung pada HTML saja saat ingin membuat situs. Tidak hanya karena situs terlihat hambar, tetapi juga butuh waktu lama karena tanpa CSS, pengguna harus berulang kali mengetik perintah.

Berbagai Jenis CSS

Ketika belajar CSS, tentunya kita perlu juga memahami lebih detail CSS. Karena pada praktiknya terdapat berbagai jenis CSS yang mempunyai cara penggunaan berbeda. Setidaknya ada tiga jenis CSS yang digunakan oleh desainer website, diantaranya adalah
  • Inline style sheet, CSS ini berguna untuk perintah pemograman yang terletak pada objek. Misalnya, jika kita ingin mengubah tulisan pada laman tertentu di website, inline style sheet CSS harus menempel pada elemen tulisan. Kita cukup menambah tag <style>
  • Ecxternal style sheet, mempunyai letak berbeda dengan laman yang akan diubah. CSS jenis ini lebih praktis inline style sheet karena lebih hemat ruang. Serta bisa digunakan berulang-ulang untuk laman web yang berbeda. CSS external style sheet dapat dikenali dengan tag <link rel>
  • Embedded style sheet, yang memiliki model sama dengan inline style sheet. Berada sama pada satu laman coding. CSS jenis ini ditandai dengan tag yang diapit oleh tag <head> <head/head> serta diawali tag <style>. Biasanya CSS jenis ini digunakan guna mengatur website dengan tampilan unik. 

Nah kita telah membahas pengertian CSS, Fungsi, hingga jenis-jenis CSS. Semoha artikel ini membantu pembaca dalam memahami apa itu CSS. 
Reaksi:
Kategori: ,

0 komentar:

Posting Komentar