Sabtu, 16 Mei 2020

5 Tips Aman Melakukan Puasa untuk Anda yang Sedang Hamil Muda dari SehatQ.com

Sabtu, Mei 16, 2020 | Berkomentar
Tips aman melakukan puasa bagi yang sedang hamil

Masih banyak perdebatan terkait apakah ibu hamil boleh berpuasa atau tidak. Menurut agama, ibu hamil termasuk ke dalam orang yang diperbolehkan tidak berpuasa. Meskipun demikian, tidak sedikit ibu hamil yang tetap menjalankan puasa karena merasa sanggup melakukannya. Dikutip dari laman SehatQ.com, ibu hamil bisa saja melaksanakan puasa jika kondisi kesehatannya memungkinkan.

Puasa bagi ibu hamil

Nah, teruntuk ibu hamil yang ingin berpuasa di bulan Ramadhan ini, berikut ini beberapa tips aman menjalankan puasa bagi Anda yang sedang hamil muda dari SehatQ.com.

1. Perbanyak mengkonsumsi cairan

Yang pertama adalah memperbanyak konsumsi cairan. Ibu hamil membutuhkan konsumsi cairan yang lebih banyak dari orang biasa. Pastikan Anda mengkonsumsi setidaknya 8 gelas air atau setara dengan 2 liter air per hari. Hindari juga mengkonsumsi teh, kopi, coklat, dan minuman bersoda karena jenis minuman ini mendorong lebih banyak cairan keluar dari tubuh.

Jadi, lebih baik jika ibu hamil mengkonsumsi air putih 8 gelas per hari. Dengan mengkonsumsi cairan yang cukup, Anda tidak akan dehidrasi selama menjalani puasa. Anda bisa menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk dan kehamilan Anda tetap sehat. 

2. Pilih makan makanan yang bergizi saat berbuka dan sahur

Yang kedua adalah memilih makan makanan yang bergizi saat berbuka dan sahur. Ibu hamil juga perlu dipenuhi kebutuhan nutrisinya melalui makanan yang dikonsumsinya. Untuk itu, makanan yang dikonsumsi sebaiknya mengandung gizi yang seimbang, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan juga mineral.

Khusus untuk ibu hamil, Anda juga memerlukan asupan asam folat, zat besi, dan kalsium. Ketiga nutrisi tersebut bisa didapatkan dari sayuran hijau, daging, telur, dan susu.

3. Perhatikan berat badan

Tidak hanya memperhatikan kebutuhan cairan dan asupan makanannya, ibu hamil juga perlu memperhatikan berat badannya. Dikutip dari laman SehatQ.com, pada trimester pertama kehamilan, ibu hamil disarankan agar mengalami peningkatan berat badan sekitar 1-3 kilogram. Jangan sampai terjadi penurunan berat badan karena akan berisiko bagi kondisi janin.

4. Istirahat yang cukup

Yang keempat adalah istirahat yang cukup. Tidak makan dan minum selama seharian penuh akan membuat tubuh menjadi lemas. Begitu juga yang akan dialami ibu hamil. Untuk itu, Anda sebaiknya mengurangi aktivitas fisik yang berat. Perbanyak waktu istirahat agar kesehatan tidak terganggu.

Istirahat yang cukup juga akan menghindarkan ibu hamil dari risiko stres. Jika Anda mengalami stres, dampaknya juga akan dirasakan oleh janin yang sedang Anda kandung.

5. Konsultasikan dengan dokter

Yang kelima, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter agar lebih aman menjalani puasa selama masa kehamilan. Konsultasikan dengan dokter kandungan Anda untuk menghindari hal-hal buruk yang mungkin terjadi.

Sekarang, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter melalui smartphone tanpa harus keluar rumah. Salah satu caranya melalui laman SehatQ.com, yaitu layanan kesehatan digital yang memungkinkan Anda berkonsultasi dengan dokter melalui smartphone, di manapun dan kapanpun.

Melalui layanan ini, Anda bisa bertanya apapun kepada dokter-dokter ahli yang ada di laman kesehatan ini. Selain menawarkan layanan konsultasi dengan dokter, Anda juga bisa memanfaatkan laman ini untuk membuat janji temu dengan dokter, membeli obat-obatan dan peralatan medis lainnya. Anda pun bisa mengakses informasi dunia kesehatan yang valid, mulai dari tips hidup sehat hingga jenis tindakan medis yang diperlukan untuk suatu penyakit.

Dengan kemudahan yang ditawarkan oleh SehatQ.com, jangan sampai Anda membuat asumsi atau keputusan sendiri terkait kondisi kesehatan Anda. Terutama untuk Anda yang sedang hamil. Manfaatkan fitur-fitur yang ada di laman kesehatan ini untuk kehidupan yang lebih baik.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar