9 Daftar Perlengkapan Melahirkan Yang Perlu Dipersiapkan

September 02, 2019 with No comments
9 Daftar Perlengkapan Melahirkan Yang Perlu Dipersiapkan

Ketika menjelang hari perkiraan lahir atau HPL para ibu di haruskan untuk memperhatikan daftar perlengkapan melahirkan yang perlu dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum persalinan tiba. Dengan hal ini maka persiapan akan berjalan dengan baik tanpa ada barang yang tertinggal di rumah. Ada Daftar barang-barang penting yang wajib Anda bawa ketika hendak melahirkan.

Persiapan melahirkan memang seharusnya dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum usia kehamilan memasuki 9 bulan. Hal ini memiliki tujuan supaya Anda tidak terburu-buru ketika akan melahirkan dan tidak ada barang yang tertinggal. Anda dapat menempatkan perlengkapan persiapan untuk bersalin dalam satu tas atau koper, sehingga saat perut Anda mengalami kontraksi maka Anda dapat langsung membawa tas atau koper tersebut.

Berikut daftar perlengkapan untuk persalinan, diantaranya:

1. Perlengkapan mandi
Pada biasanya Rumah Sakit telah menyiapkan peralatan mandi untuk ibu yang melahirkan. Namun untuk menjaga kenyamanan Anda, sebaiknya Anda menggunakan peralatan mandi yang telah Anda siapkan dari rumah. Terlebih untuk Anda yang memiliki kulit sensitif atau belum tentu cocok dengan produk alat mandi yang disediakan di rumah sakit, maka membawa alat mandi dari rumah akan lebih baik.

2. Baju ganti
Gunakan baju ganti yang ingin Anda gunakan setelah melahirkan. Sebaiknya memilih baju ganti yang nyaman, memiliki bukaan bagian depan dan dapat menyerap keringat. Ingat!  Anda harus menggunakan baju yang memiliki bukaan pada bagian depan, karena Anda nantinya akan menyusui buah hati yang telah Anda lahirkan.

3. Pakaian dalam
Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim, maka Anda harus memperhatikan  pakaian dalam yang Anda kenakan. Bawalah stok pakaian dalam yang cukup banyak, supaya Anda dapat ganti celana dalam lebih sering untuk menghindari kelembaban. Selain itu, sebaiknya jangan menggunakan pakaian dalam yang terlalu ketat, karena akan membuat otot-otot vagina menjadi tegang.

4. Pembalut khusus ibu melahirkan
Meskipun pihak rumah sakit telah menyediakan pembalut khusus ibu melahirkan, namun Anda dapat membawanya sendiri dari rumah. Pilihlah pembalut  yang memiliki daya serap terbaik. Demi kebersihan area intim, maka Anda harus mengganti pembalut 1 hingga 2 jam sekali. Sehingga bawa stok pembalut yang cukup banyak.

5. Alat make up
Jika Anda tidak ingin terlihat kusam atau pucat setelah melahirkan, sebaiknya jangan melupakan perlengkapan alat make up.  Anda dapat membawa perlengkapan yang Anda gunakan sehari-hari untuk berhias setelah melahirkan. Dengan hal ini, maka Anda tetap terlihat fresh dan cantik setelah melahirkan. 

6. Perlengkapan bayi
Ada banyak perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibawa menjelang melahirkan yaitu seperti pakaian bayi, alat mandi, alat perawatan untuk bayi, gedong, kaos kaki, dan  masih banyak lagi. Ada baiknya jika Anda membeli perlengkapan bayi saat usia kehamilan memasuki 8 bulan. Penting untuk diperhatikan, sebelum perlengkapan bayi digunakan ada baiknya jika Anda mencucinya terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan tidak adanya kuman atau bakteri yang menempel dalam pakaian bayi.

7. Makanan ringan
Saat Anda melahirkan, maka akan membutuhkan tenaga yang cukup besar, sehingga akan membuat Anda cepat lapar. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Anda membawa bekal makanan supaya suami atau pendamping Anda tidak perlu pergi ke keluar rumah sakit untuk membeli makanan ketika Anda merasa lapar.

8. Jangan lupakan dokumen penting
Dokumen penting seperti KK, KTP, kartu rumah sakit, buku pemeriksaan kehamilan, asuransi dan dokumen lainnya harus Anda bawa menjelang persalinan. Dokumen-dokumen penting ini akan dibutuhkan untuk mengisi data pasien di rumah sakit. Anda dapat mempersiapkan dokumen penting ini dan menempatkannya dalam satu tas atau koper dengan perlengkapan yang lainnya agar tidak bercecer.

9. Gadget dan kamera
Salah satu cara untuk dijadikan sebagai sumber hiburan yaitu gadget. Untuk ibu yang menjelang melahirkan, dapat menggunakan smartphone untuk menghibur diri dan melupakan rasa sakit yang sedang Anda rasakan. Selain itu, Anda juga bisa membawa kamera untuk mengabadikan momen yang tidak akan pernah terlupakan ini.

Dari 9 daftar perlengkapan melahirkan yang perlu dipersiapkan seperti di atas, Anda dapat mempersiapkannya terlebih dahulu. Ketika HPL Anda sudah dekat, dengan persiapan yang lengkap dan matang maka akan membuat Anda terhindar dari rasa tergesa-gesa ketika perut sudah mengalami kontraksi dan segera melahirkan.
Reaksi:
Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar