Pinjam Dana Lewat Kredivo? Begini Cara Mudahnya

Juli 09, 2019 with No comments
Pinjam Dana Lewat Kredivo? Begini Cara Mudahnya

Di tengah menjamurnya fintech di Indonesia ternyata tidak semua bisa pinjam dana dengan mudah karena alasan tertentu. Padahal, jika dibandingkan dengan lembaga keuangan konvensional seperti bank, fintech memberikan berbagai kemudahan. 

Akan tetapi, bukan berarti fintech tidak memiliki syarat tertentu dalam menerima calon debiturnya. Ada syarat khusus yang harus dipenuhi terlebih dahulu. 

Syarat tersebut merupakan salah satu aturan dari OJK untuk menghindari kredit macet. Misalnya seorang calon debitur harus dipastikan sudah memiliki penghasilan tetap sehingga ada rasio ideal yang bisa diukur dari pinjaman dan yang diajukan.

Pastikan Pendapatan Sudah Sesuai Persyaratan

Di sinilah salah satu letak kegagalan dalam mengajukan pendaftaran. Seperti yang sudah diutarakan bahwa fintech juga punya prasyarat sebelum menerima calon debiturnya. 

Sebagai contoh Kredivo, salah satu fintech terkemuka di Indonesia yang sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK. Kredivo mensyaratkan setidaknya calon debitur memiliki penghasilan Rp3 juta perbulan.

Hal tersebut bisa dibuktikan dengan dua cara. Pertama dengan menggunakan slip gaji dari perusahaan bagi karyawan. Sedangkan cara yang kedua adalah dibuktikan dengan mutasi rekening atau menghubungkan satu akun internet banking debitur ke aplikasi Kredivo.

Cara kedua inilah yang membantu wiraswasta maupun para pekerja lepas untuk bisa mendaftarkan dirinya dengan mudah tanpa harus menyertakan slip gaji.

Selain persyaratan dasar tersebut, Kredivo juga mensyaratkan calon debitur sudah berusia minimal 18 tahun dibuktikan dengan kartu identitas dan berdomisili di  Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon. 

Lengkapi Persyaratan

Beberapa persyaratan yang dibutuhkan sebetulnya untuk memverifikasi kemampuan finansial calon debitur apakah ia layak untuk diberikan kemudahan pinjam dana lewat aplikasi atau tidak.

Beberapa syarat tersebut sebetulnya sangat mudah dipenuhi pada saat pendaftaran. Seperti bukti tempat tinggal dan bukti penghasilan serta data-data yang bisa diverifikasi dengan mudah.

Persyaratan tersebut sebaiknya dilengkapi dengan baik agar mendapatkan kepercayaan sekaligus merupakan pendataan calon debitur. Selama memenuhi persyaratan, pastilah persetujuan untuk mendapatkan pinjaman dana tidak akan dipersulit.  

Pinjam Sesuai dengan Kemampuan Bayar

Setelah mendapatkan persetujuan jangan kalap asal pinjam dana. Apalagi hanya untuk kebutuhan konsumtif semata. Baiknya pertimbangkan dengan bijak penggunaan dan juga besarannya.

Kredivo memang memberikan dua fitur pinjaman, yaitu pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Keduanya bisa dimanfaatkan selama masih ada sisa kredit limit yang dapat di cek di dashboard aplikasi.

Kedua fitur ini memang sedikit berbeda satu sama lain. Persamaannya terletak pada suku bunga yang ditetapkan sebesar 2,95% per bulan dan biaya administrasi sebesar 6% dari total pinjaman yang akan langsung di potong di awal.

Sebagai simulasi, kamu bisa melihat tabel berikut ini.

Deskripsi
Pinjaman Mini
Pinjaman Jumbo 
Pinjaman Jumbo
Jumlah Pinjaman
Rp1 Juta
Rp1 Juta
Rp1 Juta
Tenor
30 hari
3 bulan
6 bulan
Cicilan (2.95%)
Rp1.034.790
Rp356.790
Rp187.540
Uang Diterima (Admin 6%)
Rp940.000
Rp940.000
Rp940.000

Enaknya pinjam lewat Kredivo, sudah tersedia kalkulator simulasi pinjaman sesuai dengan jumlah nominal yang dipinjam. Sehingga kamu bisa memperkirakan berapa idealnya utang yang bisa diajukan.

Beberapa pakar ekonomi memang memberikan saran agar tidak berutang lebih dari 30 persen dari total pendapatan. Jika pendapatan kamu per bulan sebesar Rp3 juta, cicilan Rp1 juta per bulan masih tergolong aman.
Reaksi:
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar