Ketahui 5 Istilah Asuransi Kendaraan Ini Sebelum Mendaftar Asuransi

Mei 17, 2019 with No comments
Ketahui 5 Istilah Asuransi Kendaraan Ini Sebelum Mendaftar Asuransi

Memiliki kendaraan pribadi tentu akan sangat menyenangkan. Anda bisa pergi kemanapun sesuka hati. Namun Anda tidak tahu apa yang akan terjadi pada kendaraan Anda suatu hari nanti, entah itu akan hilang, rusak, lecet, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk menggunakan asuransi kendaraan agar bisa lebih tenang saat berkendara karena sudah memiliki perlindungan.

Sebelum Anda memutuskan untuk beli asuransi mobil, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, diantaranya memilih perusahaan asuransi, biaya premi, jenis asuransi yang dipakai, dan masih banyak lagi. Tentu saja hal tersebut dilakukan agar Anda tidak salah pilih dan bisa menikmati manfaat dari asuransi tersebut tanpa merasa dirugikan.

Namun, sebelum jauh memperhatikan beberapa aspek di atas, ada baiknya Anda mengenal beberapa istilah asuransi kendaraan terlebih dahulu. Dengan mengetahui istilah-istilah ini, Anda tidak akan salah dalam memahami prosedur dan syarat-syarat yang diberlakukan oleh perusahaan yang bersangkutan. 

Tidak sedikit nasabah yang kebingungan karena tidak mengetahui istilah-istilah asuransi kendaraan. Pada akhirnya, nasabah tersebut hanya bisa tergesa-gesa dan asal memilih produk asuransi yang tak jarang bisa menimbulkan kerugian.

Istilah-istilah asuransi kendaraan yang patut Anda ketahui?

Pada saat Anda memutuskan untuk menggunakan asuransi, biasanya perusahaan asuransi tersebut akan memberi Anda buku panduan asuransi yang bisa Anda pelajari. Di dalam buku tersebut terdapat beberapa produk jenis asuransi, manfaat produk, harga premi, dan salah satunya istilah-istilah asuransi untuk kendaraan.Dengan begitu, Anda pun akan dengan mudah memahami prosedur dan syarat-syarat yang berlaku di perusahaan tersebut.

Di bawah ini adalah beberapa ulasan mengenai istilah-istilah asuransi kendaraan yang bisa Anda pelajari. Simak ulasannya berikut ini.

1. Harga Pertanggungan
Harga pertanggungan merupakan istilah yang sering digunakan untuk mengetahui harga maksimum klaim yang diajukan oleh nasabah. Harga pertanggungan ini nantinya akan ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi kendaraan sesuai dengan jumlah kerugian yang Anda alami.

2. Harga Premi
Istilah yang selanjutnya yaitu harga premi. Harga premi merupakan biaya yang dibayarkan oleh nasabah sebagai jaminan kepada pihak asuransi. Premi ini biasanya dibayarkan setiap bulan, tahun, maupun secara tunai di awal pembayaran. Harga premi ini tidak termasuk ke dalam bea materai dan biaya administrasi.

3. Loading Fee
Istilah loading fee sering digunakan jika ada biaya tambahan premi untuk asuransi kendaraan yang disebabkan oleh umur kendaraan tersebut. Biaya loading fee itu sendiri ditentukan oleh jenis asuransi kendaraan yang Anda gunakan. Misalnya, jika Anda menggunakan asuransi All Risk, maka Anda akan dikenakan biaya 5% per tahun dengan usia yang lebih dari 5 tahun, dan seterusnya.

4. Indemnity
Istilah Indemnity sering juga disebut dengan istilah ganti rugi. Indemnity ini diberikan oleh pihak perusahaan yang bersangkutan kepada nasabah yang mengalami kerugian. Jumlah dari indemnity itu sendiri tergantung dari harga pasar yang sedang berlaku pada saat itu.

5. Act of God
Istilah Act of God ini biasanya digunakan jika kendaraan nasabah mengalami kerugian akibat dari bencana alam, seperti banjir, gempa bumi, gunung meletus, angin topan, dan lain sebagainya. Dengan begitu, pihak perusahaan pun akan memberikan jaminan untuk kerusakan ini.

Demikianlah beberapa istilah dalam asuransi kendaraan yang harus Anda pahami. Jika Anda berminat untuk menggunakan asuransi kendaraan dalam waktu dekat, Anda bisa menggunakan Asuransi kendaraan MSIG yang bisa membuat Anda berkendara tanpa cemas.
Reaksi:
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar