Beginilah Cara Hemat Merawat Mobil BMW

Mei 11, 2019 with No comments
Beginilah Cara Hemat Merawat Mobil BMW

Ada yang memiliki keyakinan, semakin mahal harga barang, maka mahal pula perawatannya. Hal tersebut sepertinya juga berpengaruh pada cara merawat BMW. Selama ini, mobil BMW terkenal punya harga tinggi. Namun sebenarnya semua mobil itu nyaris sama saja perawatannya.

Hal paling penting adalah memilih bengkel yang pas untuk mobil anda. Usahakan memilih bengkel online ataupun bengkel yang memang ahli untuk mobil BMW. Berikut ini beberapa cara hemat merawat mobil BMW.

Usahakan jaga ECU pada mobil
ECU pada mobil BMW berisi rangkaian elektronik serta perangkat lunak untuk membaca sensor-sensor. Dengan kata lain, mobil BMW memiliki kemampuan komputerisasi yang baik. Berbeda dengan mobil kebanyakan. ECU atau Engine Control Unit merupakan organ vital mobil BMW. Jadi, jangan sampai terkena air.
Apa saja fungsinya? ECU memiliki fungsi utama untuk mengatur percampuran bahan bakar dan udara. Ia juga yang mengawasi adanya pembakaran mesin. Kemudian tugasnya juga mengatur pengapian pada tiap-tiap ruang pembakaran. Jadi, kalau ada tempat yang memiliki genangan air yang cukup tinggi, lebih baik hindari.

Selalu pakai BBM dengan oktan yang tinggi
Nggak semua kendaraan kompatibel dengan BBM beroktan tinggi. Soalnya kalau nggak sesuai, bisa-bisa mesin jadi gampang lemah dan rusak. Hanya kendaraan khusus seperti BMW yang diperbolehkan. BBM beroktan tinggi bisa membuat mesin mobil jadi sangat awet. Sebaliknya BMW nggak disarankan untuk mengonsumsi yang beroktan rendah.

Soalnya mobil BMW memiliki mesin modern yang jadi syarat khusus penggunaan BBM ini. Apa saja BBM yang beroktan tinggi? Sebut saja Pertamax Turbo RON yang memiliki oktan 98. BBM beroktan tinggi merupakan jenis bahan bakar yang nggak disubsidi oleh pemerintah. Bukan masalah, kan? Demi kebaikan mobil BMW-mu.

Matikan mesin dengan tepat
Cara merawat BMW yang paling murah adalah dengan memperhitungkan hal-hal kecil atau yang sering disepelekan terlebih dahulu. Salah satunya tentang cara mematikan mesin. Berhubung BMW itu memiliki komputerisasi yang tinggi, cara mematikannya juga nggak bisa sembarangan. Sama halnya dengan ketika kamu mematikan komputer atau laptop.

Bukankah nggak langsung menekan tombol power fisik? Namun, menekan power yang ada di layar monitor dulu, kan? Soalnya cara tersebut memang bisa membuat komputer lebih awet. Begitu pula dengan mobil BMW. Ketika kamu berhenti, jangan langsung matikan mesinnya. Tunggu sebentar hingga dirasa waktunya sudah pas. Setelahnya, baru matikan, deh.

Ganti oli secara rutin
Bukan hanya mobil BMW. Soal rutin mengganti oli juga wajib diterapkan untuk kendaraan lainnya. Caranya dengan mempertimbangkan seberapa jauh mobil dibawa untuk melaju. Biasanya oli akan kering setelah dibawa begitu jauh. Masing-masing mobil BMW punya standar sendiri. Ada baiknya, sebelum kering, lekaslah diganti olinya.

Cara mengganti oli dengan mendongkrak salah satu sisi mobil. Kemudian buka baut penampung olinya. Siapkan wadah untuk menampung cairan oli bekas pada mobil. Pakai kunci 17 untuk membuka baut penampungnya. Tutup filternya selama pengurasan oli bekas. Periksa, apakah ada yang kotor atau nggak. Setelah itu, barulah tuang oli barunya.

Businya juga Rajin Diganti
Hampir sama dengan motor. Busi juga menjadi organ vital dari mobil BMW. Terutama pada waktu musim hujan dengan curah air yang tinggi. Siapkan busi cadangan ketika melakukan perjalanan yang cukup jauh untuk jaga-jaga. Apalagi kalau dalam perjalanan itu kamu bawa keluarga, termasuk anak-anak dan pasangan.

Buat anda yang  tidak mau ribet, bisa mengandalkan bengkel yang memang khusus mobil mercy. Dengan adanya bengkel mercy yang memang sudah terbiasa menangani mobil BMW, akan sangat membantu anda dalam urusan perawatan mobil, sebab anda tidak perlu pusing mencari bengkel mana yang pas untuk mobil anda. 
Reaksi:
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar