5 Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil Murah (Second)

Posted by Ade Hendri Saputra on Maret 17, 2019 with No comments
5 Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil Murah (Second)

Setiap orang pasti ingin membeli mobil murah namun tetap memiliki kualitas yang bagus. Tidak semua orang mempunyai kondisi keuangan yang stabil, alhasil ketika berkeinginan memiliki mobil pun maka lebih memilih mobil yang harganya terjangkau. Meski begitu, faktanya memang semua orang tidak ingin membeli sesuatu dengan harga mahal. Selama masih ada opsi harga murah tapi kualitasnya bagus, maka biasanya yang murah ini akan langsung diburu.

Apakah Anda juga demikian? Wajar memang, sebab lagi-lagi kondisi keuangan setiap orang berbeda. Lebih dari itu tujuan membeli mobil juga pasti berbeda-beda. Sama halnya ketika ingin membeli mobil, ada yang ingin beli mobil baru, ada juga yang ingin beli mobil bekas. 

Membeli Mobil Bekas

Tidak masalah jika Anda menghendaki mobil bekas karena pertimbangan harga. Akan tetapi, Anda juga harus cermat ketika memilih dan membeli mobil. Meski mobil bekas, Anda tetap bisa mendapatkan mobil murah berkualitas apabila memilihnya dengan hati-hati. Berikut adalah beberapa pertimbangan ketika Anda berencana membeli mobil bekas.

1. Pembelian Tunai atau Kredit

Keuntungan bagi Anda yang membeli dengan tunai adalah tidak akan khawatir dan bingung memikirkan cicilan yang harus dibayar setiap bulan. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin membeli mobil secara tunai. Salah satunya adalah Anda harus memiliki keuangan yang bagus sehingga tidak kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun membayar cicilan nanti.

Sementara itu, jika Anda membeli mobil secara kredit maka Anda cukup menyediakan sejumlah uang sebagai DP-nya. Berapa jumlah DP ini tergantung kesepakatan dan ketentuan dari pihak leasing. Jadi sisa uang DP masih bisa dimanfaatkan untuk meng-cover kebutuhan lain.

2. Asuransi Mobil 

Setiap mobil harusnya memiliki asuransi karena ini bermanfaat untuk melindungi mobil secara finansial jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pastikan bahwa Anda membeli mobil yang telah diasuransikan oleh pemilik sebelumnya. 

Asuransi ini akan berguna ketika mobil mengalami kerusakan. Dimana Anda tidak perlu menanggung kerugian tersebut karena sudah di-cover oleh asuransi.

3. Perhatikan Pajak Tahunan Mobil Tersebut

Ketika membeli mobil bekas atau baru sekali pun Anda tetap harus memperhatikan pajaknya. Selain itu juga perlu memastikan kelengkapan dokumen yang ada, seperti bea balik nama, pajak tahunan dan lainnya. Ada baiknya Anda membeli mobil dari orang yang taat pajak. Setidaknya ini akan memudahkan Anda ketika melakukan pengurusan pajak.

4. Kondisi Fisik Mobil Masih Baik 

Jika Anda membeli mobil murah, jangan lupa untuk memastikan kondisi bodi mobil maupun komponen lainnya. Bila tidak memiliki cukup pengetahuan tentang mobil ajaklah teman atau saudara yang mengerti betul tentang kondisi kendaraan, hal ini agar tidak merasa rugi  pada saat sudah membelinya.  
Hindari membeli mobil yang kondisi fisiknya dibawah 80% agar Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk perbaikan.

5. Lakukan Test Drive 

Sebelum melakukan deal pembayaran, alangkah baiknya jika melakukan test drive terlebih dahulu. Hal ini bisa dengan memeriksa kondisi mobil dalam kecepatan tertentu. Mulai dari kecepatan sedang sampai kecepatan tinggi. Ini layak dilakukan agar kerusakan yang dialami oleh mobil akan terdeteksi di awal. 

Demikianlah hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk membeli mobil bekas yang murah. Sebenarnya banyak juga mobil baru yang ditawarkan dengan harga murah. Jadi tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan dan dana yang Anda miliki. Sebab setiap jenis mobil murah ini menawarkan spesifikasi yang berbeda-beda.

Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar