Kamis, 26 April 2018

Ini Dia Cara Menentukan Kail Pancing yang Tepat untuk Anda Gunakan

Posted by Ade Hendri Saputra on April 26, 2018 with No comments
Ini Dia Cara Menentukan Kail Pancing yang Tepat untuk Anda Gunakan

Kail merupakan salah satu perangkat untuk memancing. Kail sendiri merupakan sebutan umum sebagai mata pancing di masa sekarang. Kailpancindijual dalam berbagai bentuk ukuran, dari yang besar hingga kecil tergantung dari kebutuhan masing-masing orang untuk memancing ikan besar atau ikan kecil. Kebanyakan orang-orang memilih kail yang lebih spesifik ukurannya sesuai dengan keinginan mereka untuk memperoleh sasaran ikan yang sesuai dengan ukurannya. Kail untuk memancing di laut yang luas tentu akan sangat berbeda dengan kail yang digunakan orang yang memancing di air sungai hanya untuk mendapatkan udang. Semakin kecil ikan yang diburu, maka semakin kecil juga kail yang digunakan. Begitu juga sebaliknya semakin besar ikan yang ingin diburu, kail yang digunakan semakin besar.

Rata-rata para pemancing sudah mengetahui betul ukuran yang pas untuk kail yang harus digunakan sesuai dengan kebutuhannya. Patokannya untuk jenis ikan yang besar, jenis kail yang besar, tipis, serta tajam menjadi pilihan yang tepat. Sedangkan untuk ikan yang kecil, cukup menggunakan kail yang kecil, tipis dengan kerincingan yang pendek. Selain itu bahan dari kail juga mempengaruhi saat memancing.

Jika Anda lebih sering memancing di laut luas, maka bahan dari baja yang bagus lebih disarankan, mengingat air laut sangat keras dalam menumpulkan kail. Bahan yang biasa-biasa saja hanya akan membuat Anda mengganti terlalu sering dan ikan yang diburu mudah terlepas dengan sendirinya. Untuk itu saat Anda membeli kail di toko alat pancing ataupun melalui toko online, perhatikan bahan pembuatnya agar bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Jika sebelumnya dijelaskan untuk ikan yang kecil menggunakan kail yang kecil, begitu juga sebaliknya untuk ikan yang besar menggunakan kail yang lebih besar, namun ternyata jenis ikan yang diburu juga sangat mempengaruhi pemilihan kail pancing yang akan digunakan. Seperti saat Anda harus memancing jenis ikan mas. Untuk memancing jenis ikan tawar yang satu ini Anda bisa menggunakan kail berbentuk lengkung setengah lingkaran, berbatang pendek dengan ujung pengikat yang gepeng (spade end). Penggunaan bentuk yang seperti ini dengan pertimbangan pada bentuk mulut ikan mas, cara makan ikan mas, bentuk umpan saat digunakan serta cara penyajian umpanya.

Biasanya para pemancing ikan mas sudah mengetahui seluk beluk ini mengikuti kondisi biologis tersebut. Umpan ika mas yang dibuat berupa adonan dengan tekstur yang lembek dengan dibuat bentuk membulat. Sehingga kail yang berbentuk lengkung seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya sangat diperlukan. Beberapa merk terkenal untuk kail yang bisa Anda pergunakan, seperti Owner, Gamakatsu, Carbon, Daiichi, Mustad yang umumnya terbuat dari bahan stainless steel dan carbon. Ukuran kail yang digunakan berkisar dari nomor 3-6 (dengan metode jika penomoran aka semakin besar maka ukuran kailnya juga semakin besar). Untuk kegiatan menacing harian, kail dengan nomor 3 ataupun nomor 4 bisa Anda gunakan. Sedangkan untuk kegiatan perlombaan atau galatama, kail dengan nomor 5 atau 6 bisa Anda pergunakan. Untuk kail dari merk Mustad cukup berbeda. Semakin kecil penomoran angkanya maka ukuran kailnya semakin besar.


Ikan mas dikenal cukup sensitif saat mencari makanan, maka pertimbangan kail pancing dengan ukuran yang lebih kecil akan lebih baik. Pilih kail dengan lingkar batang yang lebih tipis namun kuat sehingga umpan tetap terasa ringan. Selain mempertimbangkan untuk ukurannya, perhatikan juga saat pemilihan warna batang kailnya. Warna hitam umumnya sering digunakan karena tidak memantulkan cahaya namun terkadang sedikit kerlip pantulan juga sangat diperlukan untuk menarik minat ikan mas.
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar