Kamis, 15 Maret 2018

4 Tips Belanja Hemat Saat Promo Ramadhan Tahun 2018

Posted by Ade Hendri Saputra on Maret 15, 2018 with No comments
4 Tips Belanja Hemat Saat Promo Ramadhan Tahun 2018

Menjelang bulan ramadhan nanti, dapat dipastikan akan banyak supermarket sampai online shop yang mengadakan Promo Ramadhan Tahun 2018 guna menarik minat pembeli.

Berbelanja saat sedang promo sah-sah saja asal jangan sampai kalap hingga tanpa sadar menghabiskan uang demi barang atau sesuatu yang sebenarnya tidak diperlukan. Selain membuat kantong kering, berbelanja tanpa batasan akan menjadikan anda boros dan tidak bisa menahan nafsu belanja. Nah, agar tidak salah dalam mengeluarkan uang saat berbelanja, baik saat tidak ada promo ataupun sedang promo, simak deh tips berikut ini!

1. Penting Atau Tidak?

Biasanya saat melihat ada promo, kita terkadang lupa dan bisa saja langsung tertarik untuk membeli sehingga tidak terpikirkan lagi apakah barang tersebut memang kita perlukan atau tidak. Oleh karena itu, sebaiknya pertimbangkan kembali sebelum membeli, apakah barang yang hendak dibeli memang penting dan bermanfaat atau tidak. Jika seandainya dirasa sangat bermanfaat dan harga yang ditawarkan memang lebih murah, it’s ok jika anda memang tertarik membelinya.

2. Survei Sebelum Membeli

Jika anda masih awam dengan harga pasaran barang yang ingin dibeli, meski sedang ada label Promo Ramadhan Tahun 2018 atau promo lainnya, tidak ada salahnya untuk melakukan survey harga terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Sangat mudah! Jika anda berbelanja secara online, cukup kunjungi beberapa online shop atau marketplace yang menjual barang serupa, lihat dan bandingkan harganya. Jika anda yakin harga promo memang lebih murah, silahkan membeli! dengan begitu anda tidak hanya bisa mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah tetapi juga telah melakukan penghematan. 

3. Tunai Atau Kredit?

Pada sebagian penjual atau toko, ada yang menawarkan pilihan pembayaran seperti tunai atau kredit. Biasanya harga yang ditawarkan untuk setiap pembayaran bisa berbeda, untuk itu anda harus lebih jeli dalam memilih metode pembayaran apa yang akan dipilih. Jika harga kredit lebih murah dari tunai, lihat apakah ada bunganya atau tidak karena biasanya ada bunga yang diberikan setiap pembayaran kredit. Jika setelah dihitung-hitung harga barang dengan bunga yang diberikan tidak jauh berbeda dengan harga tunai atau justru lebih mahal, sebaiknya pilih pembayaran tunai saja. 

4. Pilih Online Shop Atau Toko Konvensional?

Mengingat saat ini banyak online shop yang bertebaran di dunia maya, tentu menjadi pertimbangan pula dalam berbelanja. Terkadang harga barang yang dijual pada toko online bisa lebih murah dibandingkan dengan toko konvensional. Ada beberapa faktor yang membuat hal ini bisa terjadi, salah satunya tidak ada pajak yang dikenakan pada toko online, berbeda dengan toko konvensional. Namun, tentu ada kekurangannya pula jika berbelanja online yaitu adanya beban biaya ongkos kirim atau ongkir yang dibebankan pada pembeli. Jadi, tinggal pilih mau belanja online atau langsung?

So, bijaklah dalam berbelanja agar keuangan tetap bisa terjaga dan terhindar dari sikap boros, meski godaan Promo Ramadhan Tahun 2018 nanti mungkin saja sangat menggiurkan hasrat belanja anda!

Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar