Cara Cuci AC Hingga Benar-Benar Bersih Seperti Baru

Posted by Ade Hendri Saputra on Februari 12, 2018 with No comments
Cara Cuci AC Hingga Benar-Benar Bersih Seperti Baru

Keberadaan AC di rumah adalah keharusan. Hal ini karena cuaca yang terik dan udara panas seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman. Meski begitu kita juga harus memastikan bahwa AC tersebut berkualitas, baik dari segi kualitas bawaan maupun cara kita merawatnya. Inilah mengapa cuci AC penting untuk dilakukan.

Merawat AC ini memang menjadi PR bagi kita apabila ingin mendapatkan kualitas udara yang bersih dan menyehatkan. Percuma saja kalau AC dibeli dengan harga mahal tapi tidak dirawat dengan baik. Selain akan membuat AC menjadi kotor, ini akan berpengaruh pada kualitas udara yang dikeluarkan AC itu sendiri.

Lantas bagaimanakah cara cuci AC hingga benar-benar bersih? Berikut uraiannya.

1. Siapkan peralatan untuk bersihkan AC

Ada beberapa peralatan yang perlu disiapkan untuk membersihkan AC. Untuk itu kita harus menyiapkan dulu, mulai dari kemoceng, vacum cleaner hingga lap yang nantinya dimanfaatkan untuk membersihkan bagian filter AC.

Selain menyiapkan peralatan-peralatan tersebut kita tidak boleh lupa mematikan atau mencabut sambungan kabel listrik sebagai upaya keamanan. Apalagi pada AC biasanya masih tersisa uap-uap air, dan air ini bersifat sebagai penghantar listrik sehingga dikhawatirkan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Mulai dengan membersihkan bagian depan AC

Membersihkan AC bisa dimulai dari bagian depan. Untuk bagian depan AC ini dapat dibersihkan menggunakan kemoceng. Pastikan debu-debu yang menempel pada bagian cover ini hilang ya. 

Setelah bagian depan sudah bersih, kita bisa beralih pada lap setengah basah. Nah, lap ini digunakan untuk mengelap bagian cover AC yang sebelumnya sudah dibersihkan dengan kemoceng. Lap ini bertugas untuk mengangkat sisa-sisa debu dan kotoran yang menempel pada AC dan tidak bisa dijangkau oleh kemoceng.

3. Bersihkan bagian filter AC

Lanjut pada bagian filter AC, namun untuk memulainya kita bisa mengikuti buku petunjuk yang didapat ketika membeli AC. Ya, membuka dan membersihkan filter AC tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Apalagi jika kita belum terbiasa membersihkan AC secara mandiri.

Setelah membaca buku petunjuk yang ada, kita dapat membersihkan filter AC dengan mengandalkan vacum cleaner. Apabila tidak ada, kuas kecil bisa jadi alternatifnya. Jika sudah, kita bisa cuci AC (bagian filter) dengan air bersih. Untuk hasil yang lebih bersih bisa menambahkan sabun pencuci piring. Akan tetapi, pastikan nantinya kita membilas filter AC hingga benar-benar bersih tanpa ada sisa-sisa sabun. 

4. Bersihkan bagian evaporator

Untuk bagian evaporator ini kita membutuhkan cairan yang penyemprot. Kumparan evaporator dan kipas AC merupakan bagian komponen AC yang tidak bisa dilepas sehingga untuk membersihkannya harus dilakukan dengan mengandalkan cairan penyemprot. Setelah itu disemprot dengan cairan ini, bagian evaporator bisa dilap dengan lap kering secukupnya. 

Demikianlah 4 poin dasar yang bisa diterapkan saat cuci AC. Merawat dan membersihkan AC secara rutin bisa menjadi upaya kita untuk mendapatkan udara yang bersih dan menyehatkan. Bonusnya, kita tidak akan kepanasan saat berada di dalam ruangan. Lebih dari itu AC akan bersih dan kinclong seperti baru beli.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya. 

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar