Mengapa Gaji SUdah Besar Tapi Masih Merasa Tidak Cukup

Posted by Ade Hendri Saputra on Januari 01, 2018 with No comments


Memiliki gaji besar dan berkecukupan? Tentu semua orang menginginkan hal tersebut. Dengan kondisi pemasukan yang cukup, tentu saja dapat memenuhi segala kebutuhan sehari-harinya. Namun ternyata tak selamanya memiliki gaji besar menandakan jika Anda dapat memenuhi segala hal di dalam hidup Anda. Jika tidak ada pengelolaan yang tepat yang ada malah membuat Anda terus menerus merasa kekurangan meskipun gaji yang dimiliki cukup besar. Lalu apa penyebab Anda terus menerus merasa kekurangan meskipun pemasukan besar? Mungkin hal-hal di bawah ini yang menjadi penyebabnya.

1. Tidak Ada Tabungan Prioritas

Penyebab utama dari gaji yang selalu habis meskipun bernilai besar adalah Anda tidak memiliki tabungan prioritas. Tabungan prioritas ini dapat dijadikan sebagai uang simpanan ketika terjadi pengeluaran dadakan sewaktu-waktu. Dengan adanya tabungan prioritas, maka kondisi keuangan tetap terjaga aman meskipun terjadi pengeluaran yang membengkak.

2. Perencanaan Keuangan yang Berantakan

Setiap orang tentunya harus memiliki rencana keuangan yang baik sehingga kondisi keuangan yang dimiliki akan selalu terjaga dengan baik. Namun bagi beberapa orang yang memiliki gaji besar terkadang terlalu menyepelekan masalah ini. Akibatnya tidak ada rencana keuangan baik yang dimilikinya. Hal ini lah yang menyebabkan seseorang akan terus berhura-hura dikarenakan pemasukan besar yang dimilikinya. Sehingga mereka akan merasa kekurangan di akhir bulan dikarenakan terlalu sering membelanjakan untuk barang-barang yang tidak penting.

3. Selalu Lapar Mata

Uang yang selalu habis mungkin saja dikarenakan sifat Anda yang selalu lapar mata. Lapar mata tak selalu dilakukan wanita, bahkan pria pun terkadang juga dapat berperilaku seperti ini. Tak hanya kalap melihat barang-barang bermerek, namun juga promo dan diskon yang sedang berlangsung di pusat perbelanjaan. Jika lapar mata sudah tidak dapat tertahan, tentu saja uang yang seharusnya dapat dimanfaatkan untuk hal penting lainnya malah akan habis untuk barang-barang yang tidak penting.

4. Sering Membeli Barang-Barang Mahal

Penyebab lainnya yang mungkin seringkali dilakukan adalah kebiasaan membeli barang-barang dengan harga yang mahal. Padahal sebenarnya Anda bisa membeli barang-barang tersebut dengan harga yang lebih murah. Biasanya ini dikarenakan dorongan gaya hidup yang tidak sehat sehingga menyebabkan kebiasaan seperti ini terus menerus dilakukan.

5. Tinggal di Kawasan yang Mahal

Penyakit yang seringkali melanda orang yang memiliki penghasilan yang besar adalah memilih untuk tinggal di tempat atau kawasan yang mahal. Padahal tinggal di kawasan yang mahal tidak menjadikan Anda sebagai orang kaya, malah membuat Anda akan selalu kekurangan uang. Tinggal di tempat yang mahal tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sehingga Anda dapat menghabiskan hingga setengah pemasukan hanya untuk tempat tinggal saja.

6. Tidak Mengetahui ke mana Perginya Uang

Banyak kasus orang-orang dengan berpenghasilan besar selalu merasa kekurangan uang padahal tidak mengetahui ke mana perginya uang yang dipakainya tersebut. Hal ini dikarenakan tidak adanya kemampuan meng-handle keuangan yang baik sehingga uang tersebut hanya habis begitu saja setelah keinginan-keinginan nya terpenuhi.

7. Sering Makan di Luar

Kebiasaan-kebiasaan tidak sehat menjadi penyebab utama mengapa gaji Anda terus habis meskipun pemasukan Anda cukup besar. Salah satunya yaitu kebiasaan sering makan di luar. Jika ini sesekali dilakukan, mungkin bukan masalah yang besar. Namun jika Anda melakukannya terlalu sering tentu saja pengeluaran Anda akan terus membengkak.

8. Tidak Memisahkan Tabungan Kebutuhan dan Tabungan Simpanan

Tabungan simpanan tentunya berbeda dengan tabungan kebutuhan. Sehingga akan lebih baik jika Anda memisahkan kedua hal tersebut. Tabungan kebutuhan berisikan dana untuk kebutuhan sehari hari, kesehatan, jalan-jalan, dan lainnya. Sedangkan tabungan simpanan merupakan dana yang memang Anda tabungkan untuk simpanan. Namun kadang kala banyak orang yang tidak menata hal ini dengan baik bahkan mencampur adukan kedua tabungan ini. Sehingga menyebabkan gaji akan terus habis bahkan sebelum bulan berganti.

Ubah Pola Pikir dan Gaya Hidup Anda

Kebiasaan yang tidak sehat serta pola pikir yang kurang dewasa akan menjadi penyebab utama kondisi keuangan Anda akan terus menerus merasa kekurangan. Sehingga cobalah untuk mengubah pola pikir dan gaya hidup. Terapkan gaya hidup yang hemat serta ubah pola pikir Anda untuk memahami mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang menjadi keinginan.
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar